Warga di Negara ini Bangun dan Dedikasikan Gereja untuk Vladimir Putin
Sumber: EPA / Vostock-Photo

Internasional / 24 October 2016

Kalangan Sendiri

Warga di Negara ini Bangun dan Dedikasikan Gereja untuk Vladimir Putin

daniel.tanamal Official Writer
2969


Sejarah perjalanan masa lalu bagi para penduduk Banstol, sebuah kota kecil di Serbia, demikian memprihatinkan terutama sejak Perang Yugoslavia 1991 – 1999. Namun dengan kehadiran para warga Rusia yang berpindah ketempat itu, banyak hal terjadi yang memberkati kehidupan mereka.

Hal itulah yang membuat warga Banstol akan membangun dan mendedikasikan sebuah gereja untuk negara Rusia, namun secara khusus menyertakaannya kepada sang Presiden negara Beruang Merah itu,  Vladimir Putin. Salah satu warga pemrakarsa rencana itu adalah Branko Simonovic, dirinya mengatakan bahwa gereja seluas 200 meter persegi itu nantinya akan terlihat seperti gereja Santo Nikolay Rusia di Sofia, Bulgaria.

Menurut Simonovic, ada tiga alasan kuat mengapa gereja ini akan didedikasikan kepada Rusia. ."Pertama, banyak orang Rusia pindah ke Sremski Karlovci setelah Revolusi Bolshevik tahun 1917. Kedua, Serbia pernah menjadi kedudukan sementara Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia (sebuah bagian semiotonom dari Gereja Ortodoks Rusia -red.), dan ketiga, emigran Rusia telah berbuat banyak untuk membantu orang-orang Serbia," ujarnya, seperti dirilis RBTH, Minggu (23/10/2016).

Secara khusus dirinya mempercayai bahwa “Gereja Putin” ini akan membantu menghidupkan kembali Banstol. "Putin adalah 'merek' yang diakui secara internasional, dan saya tidak melihat alasan mengapa kita tidak bisa memiliki sesuatu di sini yang didedikasikan untuknya. Ini juga bisa dilihat sebagai hadiah untuk Putin dari kami," ujar Simonovic menambahkan.

Mayoritas warga setempat bersama dengan jemaat Keuskupan Srem dari Gereja Ortodoks Serbia berharap, Gereja tersebut akan menjadi magnet baru agar setiap orang mau berkunjung dan berkontribusi dalam pembangunan gereja dan juga membantu perekonomian daerah itu.




Sumber : RBTH Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami