6 Cara Pekerja Kreatif Temukan Ide-Ide Baru
Sumber: Digest.bps.org.uk

Career / 7 October 2015

Kalangan Sendiri

6 Cara Pekerja Kreatif Temukan Ide-Ide Baru

Lori Official Writer
9481

Berkarir dalam industri kreatif memang sangat menjanjikan saat ini, mengingat pertumbuhannya yang semakin pesat dan banyak dibutuhkan, seperti dalam bidang media, film, fashion dan desain. Industri kreatif memang menuntut kreatifitas dan kemampuan di atas normal dari para pekerjanya. Sehingga banyak perusahaan yang bergerak di bidang ini sebisa mungkin menciptakan suasana kerja yang tak biasa pula.

Mereka yang berkarir di bidang ini akan terbiasa bekerja di dalam kantor yang nyaman, menarik, colorful ceria dan penuh dengan seni. Sebut saja seperti kantor perusahaan pencarian terbesar Google. Selain memberikan suasana ruangan kerja yang berbeda, para pekerja di industri kreatif juga akan terlihat berbeda dengan pekerja di bidang formal. Mereka tidak melulu harus mengenakan kemeja dan celana atau rok formal. Sebaliknya, mereka akan tampil seperti apa adanya diri mereka. Akan tercipta sebuah suasana yang santai dan rileks, tanpa membatasi kreatifitas para pekerjanya. Hal ini menjadi daya tarik yang ditawarkan perusahaan untuk memikat para calon pekerja berkompetensi di bidang kreatif.  

Mereka yang sukses berkarir di bidang ini memang orang-orang yang memiliki ide-ide yang tak biasa. Bukan berarti mereka menemukan ide-ide baru begitu saja setiap harinya. Ada hal yang harus mereka lakukan dan upayakan untuk bisa terus berkarya.

Berikut enam hal yang biasanya dilakukan oleh seorang pekerja industri kreatif menemukan ide-ide kreatif baru setiap hari:

#1 Bekerja di ruang khusus sesuai kebutuhan. Dalam hal ini, perusahaan kreatif akan mendesain ruang yang nyaman bagi para pekerja yang membutuhkan fasilitas ini, seperti ruang pribadi yang tertata dengan penuh warna-warna menarik.

#2 Membuat ruang kerja senyaman mungkin. Bekerja di industri kreatif akan menuntut konsentrasi dan kenyamanan. Memastikan ruang kerja yang tenang saja sudah bisa membuat para pekerja nyaman.

#3 Mengidentifikasi waktu yang tepat saat inspirasi muncul. Inspirasi memang tidak bisa dipaksakan untuk muncul setiap waktu. Sehingga biasanya para pekerja kreatif akan menentukan waktu dimana mereka biasanya banyak menghasilkan ide-ide baru dan bekerja keras saat ide itu mulai muncul.

#4 Setiap benda atau hal disekeliling adalah sumber inspirasi. Kadang kala inspirasi timbul dari hal-hal unik yang tampak oleh mata. Dengan itu pula para pekerja kreatif akan meletakkan benda-benda yang mampu memicu inspirasi di sekitar meja atau ruang kerja. Misal, lukisan, gambar tokoh inspiratif, quotes-quotes motivasi, buku-buku seni dan desain-desain penuh warna.

#5 Mengambil waktu luang untuk brainstorming. Waktu luang menjadi momen bagi para pekerja kreatif untuk sekedar memicu munculnya ide-ide baru. Misalnya, jalan-jalan keliling kantor, ngobrol pendek dengan rekan kerja, baca buku atau keluar kantor sejenak.

#6 Berkumpul dengan orang-orang kreatif lainnya. Inspirasi karya-karya baru tidak aka nada matinya ketika banyak hal baru yang ditemukan, seperti ngobrol dengan banyak orang kreatif lain. Atau menjalin hubungan baik dengan para professional di bidang industri kreatif untuk menambah pengetahuan di bidang yang mereka geluti.

Tertantang menggeluti dunia kerja yang satu ini? Persiapkan diri Anda dengan kompetensi terbaik yang dibutuhkan industri kreatif saat ini.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik DI SINI.

Sumber : Vemale.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami