5 Hal Yang Bisa Membunuh Mimpi Untuk Jadi Pengusaha
Sumber: maxmanroe.com

Entrepreneurship / 29 August 2015

Kalangan Sendiri

5 Hal Yang Bisa Membunuh Mimpi Untuk Jadi Pengusaha

Puji Astuti Official Writer
6401
Setiap orang memiliki impian yang ingin dicapai. Salah satu mimpi itu bisa jadi menjadi seorang pengusaha atau memiliki usaha sendiri. Namun terkadang ada impian yang mati dan membuat orang tersebut kehilangan harapan karena berbagai hal yang terjadi dalam hidupnya.

Impian itu seperti benih yang perlu ditanam di tanah yang subur, disirami dan dijaga agar bisa tumbuh dan menghasilkan buah. Karena jika tidak, akan ada banyak hal yang bisa membunuhnya. Untuk itu Anda pun perlu mewaspadai beberapa halyang bisa menjadi penghalang dan pembunuh impian Anda.Berikut ini adalah 5 hal yang harus diwaspadai karena dapat membunuh impian seseorang yang ingin menjadi pengusaha bahkan sebelum ia melangkah mewujudkannya :

Rasa takut

Seseorang memiliki rasa takut adalah hal yang wajar, namun sudah menjadi tidak sehat saat rasa takutnya itu membuat dia tidak berani melangkah untuk mulai mewujudkan impiannya. Ketakutan seperti takut gagal, takut rugi dan takut mengalami penolakan menjadi beberapa contoh rasa takut yang menyerang orang saat ingin memulai usahanya.

Namun salah satu ketakutan yang jarang dideteksi adalah takut sukses. Loh, kok bisa? Kadang orang takut sukses, karena dengan keberhasilan berarti bertambahnya tanggung jawab dan tingginya ekspektasi. Takut kepada hasil yang baik sama berbahayanya dengan takut kegagalan.

Langkah pertama untuk mengatasi rasa takut adalah mendeteksi dan mengidentifikasi rasa takut itu dan apa yang membuat Anda takut. Ketika sudah diketahui secara spesifik rasa takut apa yang Anda alami, akan lebih mudah untuk menemukan solusi untuk mengatasinya.

Rasa tidak aman

Perasaan ini bisa terkait dengan rasa takut, karena rasa tidak aman seringkali bersumber dari pola pikir yang negatif dan ketakutan. Baik itu berupa merasa tidak mampu atau juga merasa terancam oleh situasi ataupun saingan.  Untuk bisa mengatasi rasa tidak aman, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah persepsi dan pola pikir, baru selanjutnya meningkatkan skill atau keahlian yang dianggap lemah.

Inertia : kecenderungan untuk tidak melakukan apa-apa

Mimpi hanya sekedar mimpi, jika kita tidak melakukan tindakan untuk mewujudkannya. Sebelum tindakan dibuat, hal tersebut dimulai dari sebuah keputusan. Banyak orang terjebak hanya sampai pada bermimpi, namun saat harus membuat keputusan dan melangkah mereka tidak memiliki keberanian atau terhalang oleh kemalasan.

Terwujud atau tidaknya mimpin Anda, ditentukan oleh keputusan dan tindakan Anda. Semua itu ada ditangan kita sendiri. Jangan biarkan kemalasan atau keengganan menghalangai untuk meraih impian Anda.

Perkataan negatif

Perkataan yang kita dengar ibarat makanan bagi jiwa kita, hal tersebut bisa membangkitkan semangat kita atau mematahkannya. Namun perkataan bukan berarti selalu dari orang lain, seringkali kita juga melakukan internal dialog, dan tidak sedikit perkataan kita pada diri kita sendiri adalah hal-hal negatif.

Jadi hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dialog internal Anda. Pastikan Anda mengeliminasi perkataan-perkataan negatif yang mematahkan semangat Anda. Hal kedua adalah memilih dengan siapa Anda membagikan impian Anda. Karena orang-orang terdekat dan kita kasihi pun bisa memberikan pandangan negatif dan bahkan menghalangi Anda untuk mewujudkan hasrat Anda untuk memulai usaha sendiri. Seringkali niat mereka baik, mereka tidak ingin Anda mengalami kegagalan atau salah mengambil keputusan. Namun tidak semua saran mereka baik. Carilah mentor dan juga sahabat yang bisa memberi masukan positif dan menolong Anda untuk melangkah lebih dekat kepada impian Anda.

Trauma masa lalu

Kegagalan di masa lalu bisa membentuk benteng yang secara tidak sadar menghalangi Anda untuk melangkah maju. Hal ini bisa karena pengalaman Anda pribadi, orangtua, keluarga atau sahabat. Rasa trauma karena mengalami atau melihat dampak terhadap kegagalan atau kekecewaan yang mendalam bisa tertanam dalam alam bawah sadar seseorang.

Jika Anda sulit mengatasi kondisi ini ada baiknya menhubungi konselor profesional untuk menyelesaikan masalah ini. Namun satu hal yang perlu Anda ingat, masa lalu Anda tidak menentukan masa depan Anda, tetapi keputusan-keputusan yang Anda buat, itulah yang membentu masa depan Anda.

Pada akhirnya, impian Anda untuk memiliki usaha Anda sendiri ada di tangan Anda sendiri. Tidak ada keberhasilan yang terjadi secara instant, semua itu membutuhkan kerja keras, dedikasi dan kesabaran. Jika Anda tidak pernah menyerah dan terus mencoba, percayalah bahwa pada satu titik keberhasilan akan Anda capai.

Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami