3 Langkah Mudah Terapkan Prinsip Pareto Untuk Capai Sukses

Career / 19 May 2015

Kalangan Sendiri

3 Langkah Mudah Terapkan Prinsip Pareto Untuk Capai Sukses

Puji Astuti Official Writer
9529

Prinsip Pareto atau sering disebut aturan 80/20, mengungkapkan bahwa 80 persen hasil berasal dari 20 persen usaha, demikian juga sebaliknya, sisa 20 persen hasil ternyata merupakan karena tidak produktifnya 80 persen usaha. Prinsip ini sangat dikenal dalam dunia bisnis, dan menjadi salah satu prinsip untuk meningkatkan produktifitas sebuah usaha, namun sangat aplikatif dalam kehidupan termasuk dalam dunia kerja.

1# Bekerja pintar

Jika Anda ingin meraih sukses dalam dunia kerja, tentu Anda ingin menjadi bagian dari orang yang melakukan 20% usaha dan memberi hasil 80%. Kuncinya disini adalah bekerja pintar, bukan hanya bekerja keras. Bukan berarti bahwa bekerja keras tidak penting, sangat penting, namun dengan bekerja pintar atau cerdik maka kerja keras Anda akan memberikan hasil yang maksimal.

Prinsip Pareto mengajarkan kita untuk fokus pada 20 persen pekerjaan kita, karena hal itu akan berdampak pada 80 persen hasil akhir yang diharapkan. Artinya dengan upaya minimal namun membuahkan hasil maksimal. Didalamnya tetap ada bagian dimana kita dituntut untuk bekerja keras dalam mengejar target, namun dengan fokus pada hal-hal yang terpenting.

2# Fokus pada hal terpenting dan menjadi pekerjaan utama

Salah satu yang krusial dalam menerapkan prinsip 80/20 ini adalah menentukan apa yang menjadi hal terpenting dan menjadi pekerjaan utama Anda. Tidak semua hal penting harus menjadi prioritas, Anda harus bisa memilah mana yang menjadi pekerjaan utama dan terpenting sehingga harus diprioritaskan. Buatlah daftar pekerjaan penting itu dan urutkan berdasarkan prioritasnya.  Jika Anda bisa menyelesaikan pekerjaan utama yang menjadi tanggung jawab Anda itu, maka bisa dipastikan 80% hasil sudah dalam perjalanan. Lalu sisa pekerjaannya bagaimana? Anda bisa meminta bantuan atau mendelegasikannya.

3# Managemen waktu

Jika Anda memiliki waktu yang terbatas, tentu Anda tidak akan membuang-buang waktu untuk hal-hal yang kurang penting atau kurang produktif. Jika Anda bisa mengatur waktu Anda untuk mengerjakan hal-hal utama dan penting terlebih dahulu, hal tersebut akan membuat Anda lebih produktif dan efesien. Jika bisa lakukanlah di pagi hari, karena saat itu Anda masih penuh semangat dan energi.

Kita tidak bisa mengartikan secara harfiah bahwa 20% usaha akan menghasilkan 80% hasil, namun hal ini adalah prinsip untuk menyadarkan bahwa hal-hal yang terpenting dan utama akan menghasilkan hasil yang terbesar, mungkin saja hal-hal utama itu 25% atau 30% dan menghasilkan bukan hanya 80% tetapi 90% atau 95% hasil. Untuk itu fokus pada hal-hal utama tersebut sangat penting dalam mencapai kesuksesan berkarir, karena hal ini merupakan kunci produktifitas. Hari ini, cobalah dengan membuat langkah pertama untuk menerapakan Prinsip Pareto ini, kenalilah hal-hal utama dan prioritas dalam pekerjaan Anda. Lalu fokus untuk menyelesaikan pekerjaan itu dan lihatlah hasil akhirnya.

Sumber : Askmen.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami