5 Jenis Makanan Unik dan Berbeda dari Olahan Tempe
Sumber: Jawaban.com

Entertainment / 7 May 2015

Kalangan Sendiri

5 Jenis Makanan Unik dan Berbeda dari Olahan Tempe

Lori Official Writer
97568
Tempe sebagai makanan asli Indonesia memang paling mudah dibuat dalam berbagai macam hidangan. Mungkin sebagai makanan yang sudah akrab bagi masyarakat kita dan tentunya harganya yang ekonomis, bisa dijadikan sebagai bahan makanan yang bisa dikreasikan, mulai dari gorengan, sayuran, campuran sambal hingga kue.

Di antara sejumlah jenis makanan olahan tempe yang sudah biasa, jawaban.com mengangkat 5 jenis makanan olahan tempe ini.

1 Brownies Tempe

Makanan yang satu ini terbilang baru sebab jarang sekali kita temui kue brownies yang terbuat dari bahan utama tempe. Mungkin sebagian dari Anda belum tahu soal kue yang satu ini. Brownies Tempe berasal dari Malang karena menggunakan tempe khusus buatan dari masyarakat Malang sendiri. Mski begitu, cara pembuatannya tak berbeda jauh pembuatan brownies biasanya, bedanya hanya menggunakan bahan dasar dari tempe saja.

2. Kue Kering Tempe

Pernah dengar kue kering tempe? Mungkin hanya sebagians aja dari Anda yang pernah mencicipinya secara langsung. Kue kering ini terbilang unik karena dibuat dari bahan tempe yang biasanya kita tahu hanya digunakan untuk cemilan gorengan atau bahan campuran sayur saja.

3 Peyek Tempe    

Peyek tempe adalah salah satu kreasi lain dari peyek pada umumnya yang terbuat dari kacang dan udang. Cemilan yang satu ini sangat nikmat bila dihidangkan saat ngumpul bareng dengan keluarga. Tak jauh berbeda, pembuatan peyek tempe ini ssama dengan peyek lainnya.

4. Mendol Tempe

Mendol Tempe adalah makanan khas orang Malang, Jawa Timur. Bisanya disebut juga dengan perkedel tempe. Bagi Anda yang tidak doyan menyantap tempe goreng, cobalah menikmati tempe dengan rasa lain, yaitu dijadikan sebagai medol atau perkedel. Medol tempe ini berwarna kehitam-hitaman karena dibuat dari bahan tempe kedelai yang sudah agak basi.  Akan sangat snikmat disantap selagi hangat bersama nasi dan sayur asem kangkung.

5 Nugget Tempe

Anda tentu sudah biasa mencicipi nugget ayam. Bagaimana dengan nugget tempe? Makanan yang satu ini sangat sehat dan bebas dari bahan pengawet. Karena dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang masih sangat segar.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami