Lahir Baru Sekali, Bertobat Tiap-Tiap Hari
Sumber: The Gospel for You

Kata Alkitab / 22 August 2023

Kalangan Sendiri

Lahir Baru Sekali, Bertobat Tiap-Tiap Hari

Tiurma Ida Purba Official Writer
16914
Ketika Anda diselamatkan Tuhan, apakah sesungguhnya arti pertobatan yang ada di benak Anda? Apakah Anda berpikir bertobat sekali saja seumur hidup? Jika Anda berpikir demikian, bagaimana jika esok hari Anda melakukan dosa, apa yang akan Anda lakukan? 
 
Apakah tujuan pelayanan Yesus di dunia ini? Tentuanya tujuannya adalah agar semua manusia kembali kepada Tuhan dan bertobat. Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” (Matius 4:17)
 
Maka dari itu salah satu upaya agar adanya pertobatan, Tuhan mengadakan mukjizat. Namun, terkadang pun banyak orang yang telah melihat dan mengalami mukjizat, tetap saja tidak bertobat. "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung" ( Lukas 10:13) 
 
 
Baca Juga: Kisah Pastor Juan Mogi : Lahir Baru dan Hidup Bersama Tuhan di Tengah Masa Krisis
 
 
Apa harapan Allah dalam hidup Anda ketika Anda kembali kepada-Nya?
 
FirmanNya dalam 1 Petrus 2: 2, “Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbah dan beroleh keselamatan”. Allah menginginkan Anda untuk lahir baru sekali dalam hidup Anda. Namun dalam pertobatan, Tuhan ingin Anda memiliki kerinduan untuk hidup dalam firmanNya dan untuk sama sepertiNya. 
 
Pertobatan Anda ditandai dengan kasih Anda kepada sesama. “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-muridKu, yaitu jikalau kamu saling mengasihi. (Yohanes 13:34-35). Ketika Anda lahir baru dan sudah bertobat, Anda adalah anak-anak Allah. 
 
 
Apa sesungguhnya arti dari pertobatan? 
 
Dalam istilah Shuwb (Ibrani), bertobat adalah berbalik kembali. 
 
“Dan apabila mereka sadar kembali dalam hatinya di negeri tempat mereka tertawan, dan mereka berbalik, dan memohon kepadaMu di negeri oranag –orang yang menyangkut mereka tertawan, dengan berkata: Kami telah berdosa, bersalah dan berbuat fasik” ( 1 Raja-raja 8 : 47 ) 
 
Adanya transformasi tingkah laku dalam hidup Anda adalah sebuah ciri-ciri dari pertobatan. Petrus dalam khotbahnya mengatakan bahwa setelah Anda bertobat, haruslah memberi diri untuk di baptis. Yesus adalah teladan bagi umat-Nya. Dia memberikan dirinya dibaptis oleh Yohanes Pembaptis. 
 
 
Baca Juga: Apakah Jika Saya Lahir Baru, Jatuh Dalam Dosa Lagi Akan Kehilangan Keselamatan?
 
 
Kisah Para Rasul 2:38, "Jawab Petrus kepada mereka : “ Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu di baptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus."" 
 
Pada dasarnya pertobatan meliputi 3 hal yang harus Anda ketahui:
 
1. Anda harus kembali kepada Tuhan. Ketika Anda mendengar panggilan keselamatan dalam hati Anda, berbalik dan ikutlah Yesus. 
 
Kisah Para Rasul 3: 19 berkata, “Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan”. 
 
2. Dalam pertobatan, Anda harus taat kepada firmanNya. 
 
Tuhan menginginkan setiap umatNya tetap dalam barisan Allah. Artinya disini adalah tidak keluar dalam barisan (tidak keluar dari firmanNya). Bagaimana jika, setelah Anda bertobat, namun Anda tidak taat kepada firmanNya. Tidak ada peraturan yang akan membatasi Anda. Firman Tuhan seperti pagar yang akan memagari hidup Anda. 
 
Yakobus 1:21-25, "Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu. Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat- amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin. Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya. Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya."
 
3. Dalam pertobatan, ada kemauan diri untuk memperbaiki dengan pimpinan Roh Kudus. 
Lahir baru sekali, bertobat tiap-tiap hari. Selama masih hidup di dunia ini, manusia tetap akan melakukan dosa. Anda adalah tubuhNya. Tuhan menginginkan Anda untuk terus memperbaiki diri atau bertobat tiap – tiap hari. Dengan demikian Anda terus disempurnakan dalam rencanaNya. “Karena kita adalah anggota tubuhNya”. (Efesus 5:30 ). 
 
Biarlah dengan FirmanNya, Anda selalu di tuntun tiap hari dalam KasihNya. 
 
Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang lahir baru yang belum terjawab dalam artikel ini? Anda bisa menghubungi  Tim Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI untuk bertanya dan mendapatkan penjelasan secara pribadi tentang pribadi Tuhan Yesus, kelahiran baru dan kehidupan Kristen.  
Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami