Arti Sebuah Kesetiaan
Sumber: commons.wikimedia.org

Kata Alkitab / 1 December 2014

Kalangan Sendiri

Arti Sebuah Kesetiaan

Tiurma Ida Purba Official Writer
29102

Anjing adalah salah satu yang paling setia kepada majikannya. Banyak contoh kisah kesetiaan dari seekor anjing. Contohnya saja : anjing selalu menunggu kepulangan majikannya di depan pintu. Bila anda seorang yang memelihara anjing, mungkin anda adalah orang yang sangat menjunjung tinggi arti dari sebuah kesetiaan.

Bila kita belajar dari Kisah Alkitab, kita dapat belajar dari tokoh-tokoh alkitab yang setia kepada panggilan Tuhan. Salah satunya adalah Ayub. Ayub adalah seorang yang setia dan patuh kepada Yehuwa. Ia tinggal di tanah US, dekat dari Kanaan. Tuhan sangat mengasihi Ayub, namun Iblis sangat membenci Ayub. Setelah Yakub dan Yusuf meninggal, maka Ayublah orang yang paling setia kepada Tuhan di seluruh muka bumi ini. Tuhan berkata : “ Lihatlah Ayub. Lihat betapa setia ia kepadaKu”.  Namun setan menjawab: ” Ia setia, karena Engkau memberkatinya sehingga ia memiliki banyak hal-hal yang baik. Tetapi bila Engkai mengambil semua miliknya itu dari padanya, tentu ia akan menyumpahi Engkau”.


Maka berkatalah Yesus kepada setan,” Silahkan. Ambillah semua miliknya. Berbuatlah segala hal yang jahat terhadap Ayub. Kita akan lihat apakah ia nanti akan menyumpahi Aku? Hanya janganlah engkau membunuh dia”.


Lalu setan mencobai Ayub, pertama setan mendatangkan perampok-perampok, lalu mereka mencuri semua ternak, domba dan unta milik ayub. Setelah itu setan mendatangkan badai sehingga  semua anak lelaki dan anak perempuan ayub mati. Selanjutnya Ayub mendapat penyakit yang hebat.  Melihat hal itu, istri Ayub berkata, “ Sumpahi Allah lalu matilah”. Tetapi Ayub tetap setia kepada Tuhan. Kepercayaannya kepada Tuhan tak berkurang sedikit pun.

Melihat kesetiaan Ayub, maka Tuhan sangat bahagia. Lalu Tuhan memberkati Ayub dengan memperoleh 10 anak yang cantik, domba, ternak dan unta sebanyak dua kali lipat dari sebelumnya.


Mengapa kita harus setia? Karena  Allah yang kita sembah adalah setia.

Apa yang harus kita lakukan untuk tetap setia ?

1.   Tetap Bergantung kepada Tuhan ( Amsal 3:5-6)

Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, tapi terkutuklah orang yang mengandalkan manusia. Hidup bergantung kepada Tuhan adalah sebuah pilihan. Pilihan ada di tangan anda. Setiap orang yang hidupnya bergantung kepada Tuhan senantiasa akan selalu menjadi pemenang.

2.   Dedikasikan diri kepada Tuhan ( Roma 14:8)

Menempatkan Tuhan di atas segala-galanya adalah hal yang mutlak. Dalam mengikut Tuhan setiap ego harus dibuang. Pikirkanlah perkara-perkara yang diatas. Maksudnya adalah perkara-perkara untuk kerajaan sorga.  Contohnya : melayani Tuhan di gereja, membantu orang-orang miskin, dll

3.   Tetap bersukacita di dalam Dia ( Filipi 4:4)

Anda harus selalu bersukacita dalam segala hal. Karena  dalam sukacita pasti ada kekuatan baru. Tidak mudah memang namun sepanjang kita berusaha untuk selalu bersukacita maka kita akan selalu menjadi orang yang setia.

 

4.    Rajin untuk Dia ( 2 Korintus 5:14)

Dalam mengiring Tuhan, anda harus rajin dalam perkara-perkara rohani. Jangan terus mementingkan diri sendiri. Cobalah untuk membantu sekeliling anda yang belum mengenal Tuhan. Membawanya kepada Tuhan agar diselamatkan adalah hal yang menyenangkan bagi Tuhan.

 

Jadilah pribadi yang setia sampai kepada kesudahannya. Walaupun seringkali kita tidak setia, namun Dia selalu setia.

 

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami