Proses Itu Indah
Sumber: abckisahku.blogspot.com

Kata Alkitab / 26 November 2014

Kalangan Sendiri

Proses Itu Indah

Tiurma Ida Purba Official Writer
6744

Menyerah terhadap keadaan, sepertinya sesuatu yang tak pantas dilakukan. Mengapa? Karena anda harus belajar terhadap kupu-kupu. Mengapa harus dengan kupu-kupu? Karena kupu-kupu adalah salah satu hewan yang harus berjuang keras untuk dapat hidup dan terbang di alam bebas. Jangan mau kalah dengan kupu-kupu, karena anda diciptakan melebihi kupu-kupu.

Seorang anak sedang bermain dan menemukan kepompong kupu-kupu di sebuah dahan yang rendah. Diambilnya kepompong tersebut dan tampak ada lubang kecil disana.

Anak itu tertegun mengamati lubang kecil tersebut karena terlihat ada seekor kupu-kupu yang sedang berjuang untuk keluar membebaskan diri melalui lubang tersebut. Lalu tampaklah kupu-kupu itu berhenti mencoba, dia kelihatan sudah berusaha semampunya dan nampaknya sia-sia untuk keluar melalui lubang kecil di ujung kepompongnya.

Melihat fenomena itu, si anak menjadi iba dan mengambil keputusan untuk membantu si kupu-kupu keluar dari kepompongnya. Dia pun mengambil gunting lalu mulai membuka badan kepompong dengan guntingnya agar kupu-kupu bisa keluar dan terbang dengan leluasa.

Begitu kepompong terbuka, kupu-kupu pun keluar dengan mudahnya. Akan tetapi, ia masih memiliki tubuh gembung dan kecil. Sayap-sayapnya nampak masih berkerut. Anak itu pun mulai mengamatinya lagi dengan seksama sambil berharap agar sayap kupu-kupu tersebut berkembang sehingga bisa membawa si kupu-kupu mungil terbang menuju bunga-bunga yang ada di taman.

Harapan tinggal harapan, apa yang ditunggu-tunggu si anak tidak kunjung tiba. Kupu-kupu tersebut terpaksa menghabiskan sisa hidupnya dengan merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap yang masih berkerut serta tidak berkembang dengan sempurna. Kupu-kupu itu akhirnya tidak mampu terbang seumur hidupnya.

Si anak rupanya tidak mengerti bahwa kupu-kupu perlu berjuang dengan usahanya sendiri untuk membebaskan diri dari kepompongnya. Lubang kecil yang perlu dilalui akan memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu masuk ke dalam sayap-sayapnya sehingga dia akan siap terbang dan memperoleh kebebasan.

Ilustrasi ini diambil dari sebuah buku “ setengah isi setengah kosong” karya Parlindungan Marpaung. Dari cerita ini berpesan bahwa anda harus berjuang dan melewati setiap proses yang ada untuk mencapai setiap mimpi anda, jangan bergantung pada orang lain. Ketika perjuangan anda berhasil karena orang lain maka anda tidak akan puas dengan hasil kerja anda.

Kapan anda harus berjuang?  Hidup adalah perjuangan. Selama hidup anda harus berjuang. Dimana anda harus berjuang ? Anda harus berjuang dimana saja. Dalam keluarga, anda harus berjuang menjadi ayah, ibu atau anak yang baik.  Dalam pekerjaan anda harus berjuang memberikan yang lebih baik kepada perusahaan anda, dalam sekolah/ kuliah anda harus berjuang untuk dapat lulus.

Hidup adalah proses. Sama seperti kepompong. Jika anda tidak mau melalui proses tersebut, maka anda tidak akan bisa melewati tahapan berikutnya. Anda akan menjadi ulat terus dan tak akan bisa merasakan menjadi kupu-kupu. Yang perlu anda lakukan sekarang adalah berjuang dan tetap menikmati proses tersebut. Menikmati proses memang tidak mudah, namun anda harus tetap enjoy dan bersyukur kepada Tuhan, atas perberianNya kepada anda. Tak ada yang dapat anda lakukan untuk membalas setiap kebaikan Tuhan, hanya dengan mengucap syukur.

Namun ingatlah, anda tetap harus mengandalkan Tuhan di setiap usaha anda, jangan pernah mengandalkan kekuatan diri sendiri. Dan ingatlah, Dia selalu ada untuk orang yang selalu berjuang dan bersyukur.  

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami