Ada Untuk Para Tunawisma
Sumber: odditycentral.com

Kata Alkitab / 25 May 2015

Kalangan Sendiri

Ada Untuk Para Tunawisma

Theresia Karo Karo Official Writer
4721
Sebagian orang berpendapat bahwa pemuda yang bertumbuh bersama gaya hidup modern sering di lihat sebagai sosok yang egois, royal, dan sering menghambur-hamburkan uang. Terlihat dari beberapa aksi pemuda yang belakangan sempat disorot media karena mengungah foto-fotonya yang ‘bermandikan’ uang lewat media sosial milik mereka.

Namun hal yang sangat berbeda ditunjukkan dua pemuda di Australia yang terlibat dalam bantuan sosial yang unik. Berangkat dari ide sederhana, Lucas Patchett dan Nicholas Marchesi beraksi untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Kedua pemuda ini memiliki tekad untuk membantu para gelandangan. Biasanya orang akan membantu dengan pemberian makanan atau materi, tetapi mereka memutuskan hal yang berbeda. Mereka lebih menyoroti masalah kebersihan, terutama pakaian yang dipakai para gelandangan.

Dua mahasiswa teknik yang tinggal di kota Brisbane ini bertekad untuk mewujudkan impiannya bersama. Dengan satu mobil van dan dua mesin cuci yang berasal dari sumbangan, mereka merakitnya sehingga menjadi mobil mesin cuci. Berlatar belakang mahasiswa teknik, keduanya kemudian merakit pembangkit tenaga lisrik yang dimodifikasi di dalam mobil sehingga mesin cuci dapat berfungsi.

Awalnya mereka menemukan kesulitan dalam perakitannya, tetapi berkat semangat dan keinginan membantu orang lain, akhirnya mobil mesin cuci ini selesai dikerjakan. Lucas and Nicholas kemudian menamai mobil ini “Orange Sky Laundry”.

Mengendarai mobil van berwarna orange cerah ini, keduanya mulai berkendara dan berhenti di titik perkumpulan para gelandangan. Keduanya lantas menawarkan jasa cuci gratis kepada para tunawisma tersebut. Misi ini mendapat respon yang positif dari para tunawisma. Bantuan ini dirasa sangat bermanfaat bagi mereka yang sangat jarang mencuci baju. Para tunawisma mengakui bahwa mereka menyuci baju hanya beberapa kali dalam setahun. Baju mereka bisa tidak dicuci hingga berbulan bahkan bertahun.

Kini Orange Sky Laundry telah di kenal banyak kalangan tunawisma di kota Brisbane. Tidak hanya itu atas aksinya, keduanya juga semakin dikenal masyarakat. tidak berhenti di situ ternyata lewat misi sosial Lucas and Nicholas, banyak pemuda lain yang terinspirasi untuk membantu para tunawisma tersebut.

Mereka berharap, suatu saat misi sosial ini dapat berkembang hingga menyentuh seluruh wilayah Australia. Saat ini, disamping menjalankan Orange Sky Laundry, mereka juga mengajak badan-badan sosial untuk memberi bantuan berupa makanan bagi para tunawisma.

Kepedulian dan tindak nyata oleh Lucas and Nicholas adalah sekian dari aksi banyak orang yang rela mengulurkan tangannya bagi mereka yang membutuhkan. Tidak harus menunggu kaya untuk dapat melakukan kebaikan. Disamping itu membantu orang lain juga dapat membantu diri kita sendiri. Karena secara tidak langsung kita juga merasa bahagia melihat raut kebahagiaan orang lain saat ditolong.

Sumber : Vemale/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami