Teman Masa Kecil
Sumber: Youtube.com

Kata Alkitab / 17 November 2014

Kalangan Sendiri

Teman Masa Kecil

Theresia Karo Karo Official Writer
5326
Video diatas menceritakan bagaimana dua anak lelaki menghabiskan waktu bersama. Terlihat mereka sedang menikmati masa kecil yang bahagia dengan bermain, menceritakan kisah cinta monyet, melakukan kegilaan bersama, dan saling menerima apa adanya.

Tetapi di akhir, ternyata anak kecil berkaos hijau adalah refleksi ayahnya yang menjadi sahabat bagi anaknya. Meskipun ini iklan, namun dapat menjadi gambaran bagaimana anak-anak juga membutuhkan peran orang tua sebagai sahabatnya. Mereka tidak hanya butuh sosok dewasa dan bijaksana sebagai orang tua. Mereka juga butuh sahabat untuk bersama menikmati masa kecilnya dengan bahagia.

Tanggung jawab membesarkan anak memang bukan perkara mudah bagi para orang tua. Hal ini disebabkan pola asuh orang tua dalam keluarga akan sangat mempengaruhi perkembangan dan kepribadian anak. Bagi anak orang tua terlihat sebagai figur pelindung, pemberi, pemerhati dan role model. Dan salah satu bentuk pola pengasuhan yang dapat diterapkan orangtua bagi anaknya adalah sebagai sahabat.

Sebab, pada dasarnya setiap manusia termasuk anak-anak membutuhkan sahabat dalam hidupnya. Sahabat merupakan kebutuhan yang sekaligus menjadi keinginan setiap manusia. Lewat  persahabatan ada kepercayaan, kebersamaan, kebersamaan, kepedulian dan kedekatan hubungan. Bahkan sahabat bisa membuat anak menjadi pribadi yang lebih terbuka. Orang tua sebagai sahabat anak adalah kondisi di mana orangtua bisa menempatkan diri sebagai mitra setara, sebagai partner untuk mendekatkan diri.

Ingatlah, bahwa kita juga pernah menjadi anak-anak dan mengetahui bagaimana serunya bermain. Mengambil bagian dalam masa kecil mereka, ternyata dapat menyelamatkan masa kecil anak-anak. Sehingga menjauhkan mereka dari pelampiasan yang salah atau terkena sindrom 'dewasa sebelum waktunya'.

Jangan gantikan waktu kita menemani anak-anak dengan pemberian gadget atau beragam trend modern saat ini. Melalui persahabatan yang terjalin dengan orang tua, anak-anak dapat belajar mengenai arti pentingnya solidaritas, etika, rasa percaya, dan menikmati masa kecil yang indah.

Sumber : Vemale/Youtube.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami