Tugas Yang Tepat Sesuai Usia Anak
Sumber: Google

Parenting / 23 October 2014

Kalangan Sendiri

Tugas Yang Tepat Sesuai Usia Anak

Theresia Karo Karo Official Writer
20567
Tanggung jawab untuk melakukan tugas rumah tangga sebaiknya diajarkan sedari kecil. Orang tua jangan ragu untuk mengajar anak anda agar bertanggung jawab atas hal-hal kecil sejak mereka balita. Karena akan lebih baik bila dalam kehidupan rumah tangga anak juga turut dilibatkan dalam melakukan segala aktifitas di rumah.

Bukan hanya sekedar untuk membantu meringankan pekerjaan anda di rumah, pengajaran ini sekaligus untuk membantunya mandiri. Karena tidak selamanya anak akan tinggal dan hidup bersama orangtua. Ada saatnya anak akan beranjak dewasa dan harus mampu mandiri, paling tidak mampu mengurus diri sendiri.

Perhatikan pembagian tugas yang sesuai dengan usia anak. Jangan sampai orang tua memaksakan diri untuk memberikan tugas yang belum mampu dikerjakan oleh anak. Karena hal ini berbahaya atau tugas tersebut tidak dapat selesai dengan baik. Berikut tugas yang cocok dilakukan anak-anak menurut usia mereka:

Usia 2 Tahun
Umumnya, di usia ini anak sudah mampu berjalan dengan baik, kakinya sudah mampu menopang tubuhnya, sensor motorik, dan gerak reflek telah mengalami kemajuan yang pesat. Tugas yang yang sesuai diberikan kepada anak-anak usia ini adalah tugas ringan seperti, membersihkan makanannya yang jatuh di lantai dan membereskan mainannya sehabis bermain.

Usia 3-5 Tahun
Orang tua biasanya mulai memasukkan anak dalam kelompok playgroup atau pendidikan anak usia dini (PAUD). Biasanya di kelompok kecil ini anak-anak juga mendapat pengajaran untuk membantu ibu dalam pekerjaan rumah seperti membereskan tempat tidur, merapikan meja belajar, mandi dan menggosok gigi sendiri, menaruh kembali mainan pada tempatnya dan lainnya. Tugas-tugas ini kebanyakan seputar mengurus diri sendiri, sehingga tidak selalu mengandalkan orang dewasa.

Usia 5-7 Tahun
Semakin bertumbuh, anak-anak pada kisaran usia ini biasanya akan masuk dalam kelas formal sekolah dasar. Tugas yang cocok bagi mereka adalah membersihkan peralatan makan miliknya, dibiarkan untuk makan sendiri dan jangan disuapi, membersihkan dan menyusun sendiri sepatu sekolah pada tempatnya. Usia ini, orangtua juga bisa mengajarkan anak untuk membersihkan perabotan rumah dari debu dan lainnya.

Usia 7-13 Tahun
Anak-anak pada usia ini hendaknya mulai belajar mengatur waktu. Selain kegiatan sekolah anak biasanya akan mendapat PR dari sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Meskipun kegiatannya semakin padat jangan ragu untuk tetap mengajarkan anak disiplin. Pada usia ini, orang tua dapat mengajarkan anak untuk mulai membantu pekerjaan di rumah seperti menyapu rumah atau membersihkan jendela dan tugas sederhana lainnya.

Usia 13 Tahun hingga Remaja

Bertambahnya usia dan memasuki remaja, anak-anak dapat diberi tanggung jawab atas pekerjaan rumah yang membutuhkan keahlian. Sebagai contoh, membantu ibu di dapur, memasak nasi, menjaga adik-adiknya ketika orangtua belum di rumah, bertanggung jawab atas keperluan dan lain sebagainya. 

Jangan ragu untuk melibatkan anak-anak untuk merawat tempat tinggal dan mengurus diri sendiri. Pengajaran akan tanggung jawab adalah bagian dari proses, jadi bukan sesuatu yang instant. Terus ajari anak untuk bertanggung jawab dan disiplin, karena hal ini akan sangat berguna hingga mereka dewasa. Bantu anak-anak untuk disiplin serta didik mereka tentang hakikat bekerja keras.

Sumber : Ayahbunda/Keluarga.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami