Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Resign
Sumber: Kabar24.com

Career / 17 October 2014

Kalangan Sendiri

Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Resign

Theresia Karo Karo Official Writer
5861

Pindah tempat kerja atau memilih karir yang berbeda dari yang sebelumnya, sering dilakukan oleh banyak orang. Dua kemungkinan yang terjadi sehubungan dengan keputusan ini adalah, ada yang menemukan kebahagiaan atau justru menyesalinya. 

Pastinya semua orang berharap yang terbaik untuk perjalanan karir kedepannya. Oleh sebab itu sebelum memutuskan resign dari kantor anda yang sekarang, perhatikan lima hal berikut. Dilansir dari Psycohologytoday.com, inilah yang perlu dipersiapkan untuk menghindari kemungkinan terburuk:

Cari Tahu Alasan

Sebelum memutuskan untuk pindah, temukan alasan kenapa harus berganti pekerjaan. Misalnya, gaji, atasan menyebalkan, atau mengalami saat yang buruk di kantor. Bila anda sudah menemukannya, selanjutnya ketahui kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi. Sebaiknya anda sudah membuat rencana baru ketika akan pindah.

Gaji Besar Bukan Penentu Kepuasan

Ketahuilah bahwa banyak orang yang merasa tidak bahagia dengan pekerjaannya, meski memperoleh gaji yang besar. Akan lebih baik bila keputusan anda untuk beralih pekerjaan adalah untuk menemukan passion anda. Hal ini hanya anda sendiri yang mengerti dan tahu apa yang anda inginkan, sehingga hidup anda akan lebih bahagia dan lebih puas.

Teliti Nilai Plus Pribadi

Kenali kekuatan inti anda, temukan jawaban apakah pekerjaan baru ini sesuai dengan kelebihan dan kekuatan yang dimiliki. Prakteknya, anda dapat membuat daftar keahlian, keterampilan, atau nilai plus lainnya yang dapat mengoptimalkan pekerjaan yang baru tersebut.

Riset Pengalaman

Hubungi kenalan anda yang telah berhasil dalam jalur karir yang akan dipilih. Lakukan riset kecil-kecilan untuk tahu bagaimana pengalaman dan dapatkan saran-saran terbaik dari mereka. Hal ini dapat menjadi penuntun dan memudahkan anda untuk melangkah dengan mantap.

Uji Coba

Maksudnya adalah, sebelum anda benar-benar beralih pekerjaan, sebaiknya lakukan pengujian pekerjaan di jalur yang akan anda geluti. Contoh, anda adalah seorang pekerja kantoran yang ingin beralih menjadi pebisnis. Coba untuk merintis bisnis di sela-sela waktu luang anda sebagai pegawai kantoran. Uji dulu apakah anda nantinya nyaman dengan bisnis yang dipilih atau tidak. Sehingga anda memiliki gambaran utuh mengenai risiko dan kemungkinan yang mungkin terjadi.

Beralih profesi atau pindah tempat kerja butuh pemikiran yang matang. Memang tidak mudah untuk keluar dari zona nyaman anda ke hal baru yang lebih menantang. Tetapi pengorbanan dan keberanian untuk hal yang baru terkadang dapat mengalahkan kekecewaan karena takut mencoba.

Sumber : Vemale/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami