Share this article :

6 Hal Unik Dari Paus Francis I

 Thu March 14th, 2013
 2025

Pada Rabu malam waktu Vatikan, Gereja Katolik Roma akhirnya mendapatkan seorang paus baru. Kardinal Jorge Mario Bergogli dari Argentina sepakat dipilih oleh 115 kardinal untuk memimpin 1,2 miliar umat Katolik di seluruh dunia dengan nama Paus Francis I. Paus pertama dari wilayah Amerika Selatan ini ternyata dikenal sangat sederhana dan memiliki banyak keunikan, berikut adalah diantaranya :

- Suka naik kendaraan umum
Pria berusia 76 tahun ini dikenal di Argentina sebagai seorang sederhana, dia suka naik kendaraan umum dalam melakukan kegiatan sehari-hari, padahal pihak keuskupan memiliki fasilitas mobil yang cukup mewah dan sopir untuknya.

- Tinggal di apartemen sederhana
Saat menjabat sebagai kardinal di Argentina, Paus Francis yang berdarah Italia ini lebih memilih tinggal di apartemen sederhana daripada tinggal di keuskupan dengan segala fasilitasnya, dan juga memasak makanannya sendiri.

- Hidup dengan satu paru-paru
Karena mengalami infeksi paru-paru pada masa remajanya, Paus Francis muda akhirnya harus kehilangan satu paru-parunya. Walau demikian, menurut ahli medis Paus masid dapat beraktifitas dengan baik.

- Memulai pelayanannya sebagai paus dengan meminta doa dari umat
Jika pada kemunculannya yang pertama seorang paus akan berdoa dan mengucapkan berkat bagi umat dari balkon St. Peter Basillica, sebaliknya Paus Francis I malah meminta umat berdoa baginya. Hal ini menurut pengamat memperlihatkan kedekatannya kepada umat dan kerendahan hatinya.

- Menolak homoseksual namun masih bisa menerima penggunaan kondom
Paus Francis memiliki pandangan yang cukup konseratif, dia menolak hubungan sesama jenis, namun masih dapat menerima penggunaan kondom sejauh ditujukan untuk menghindari penyakit menular.

- Berasal dari Ordo Jesuit. Ordo Jesuit dikenal dengan institusi pendidikannya dan juga fokus mereka dalam memperjuangkan keadilan sosial. Tentunya hal ini juga akan mewarnai keputusan paus kedepannya.

Baca juga artikel lainnya :

Paus Baru Pilih Nama Francis, Apa Alasannya?

Gizi dan Nutrisi Yang Tepat Untuk Penderita HIV-positif

Swiss Terbuka, Liliyana Main di Ganda Campuran dan Ganda Putri

Email Dari Sahabat : Tulang Yang Patah Kini Telah Tersambung

Sumber : CNN | Antara News | Kompas.com | Puji Astuti

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Related article :