Share this article :

Perubahan Tubuh Terjadi Saat Pubertas, Konsumsi Makanan Ini

 Fri June 22nd, 2012
 3326

Saat pubertas terjadi pada masa remaja, khususnya bagi seorang gadis, tentu ada penyesuaian-penyesuaian yang harus dilakukan. Untuk memberikan keseimbangan pada tubuh, kita memerlukan asupan tertentu. Saat pubertas, gizi sangat penting diperlukan karena perubahan hormonal dalam tubuh seseorang. Makanan bernutrisi penting yang diperlukan selama masa pubertas, yaitu :

Kalsium

Kalsium pada anak gadis akan berkurang selama masa pubertas, karena itu asupan kalsium sangat dianjurkan untuk dikonsumsi agar di kemudian hari tidak ada masalah osteoporosis dini. Kalsium didapat dari susu rendah lemak, keju rendah lemak, sayuran hijau maupun yogurt.

Zat Besi

Zat besi diperlukan untuk menggantikan darah yang hilang selama menstruasi sehingga makanan-makanan seperti gandum, kacang, daging tanpa lemak, dan ikan perlu dikonsumsi. Namun, hindari makanan kalori tinggi selama pubertas karena ada kecenderungan menambah berat badan karena meningkatnya kadar hormon.

Protein

Selama pubertas pada anak perempuan, protein membangun otot dan jaringan tubuh lainnya. Pada masa pubertas, aktivitas yang dilakukan begitu banyak sehingga protein dari tahu, tempe, telur, ikan, daging, dan unggas sangat diperlukan.

Lemak

Lemak yang dimaksud adalah lemak sehat dengan jumlah yang benar. Lemak tak jenuh ini bisa didapat secara alami. Selain itu, juga bisa didapat dari ikan salmon, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Berat yang seimbang

Hormon saat pubertas membuat lemak dialihkan pada daerah seperti payudara, pinggul, dan paha. Hal ini menyebabkan para gadis remaja berpikir dirinya gemuk sehingga banyak di antara mereka yang menjalankan diet ketat. Padahal, hal itu bisa membuat tubuh jadi tidak sehat. Selama pubertas, kebutuhan nutrisi tinggi tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi kalori.

Masa-masa pubertas dimana seseorang mengalami perubahan pada tubuh sehingga mempengaruhi emosi dan jiwa juga adalah masa penting dan harus diperhatikan. Makanan-makanan ini membantu kita selama masa pubertas dan masa-masa selanjutnya.

Sumber : okezone by lois horiyanti/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :