Share this article :

Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin

 Fri April 27th, 2012
 13924

Nutrisi sangat penting bagi tubuh manusia, namun segala sesuatu yang berlebihan tidak baik adanya, termasuk jika tubuh kita kelebihan gizi. Lalu, apa dampak yang diakibatkan karena kelebihan vitamin? Berikut ini ulasannya.

Vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala dan gangguan pada sendiri. Bahkan pada tingkat yang sangat berat, kelebihan vitamin A dapat menyebabkan gangguan jiwa.

Vitamin B yang dikonsumsi idealnya 200 mg per hari. Jika vitamin B dikonsumsi di atas 2000 per hari, maka dapat menyebabkan otak.

Vitamin C yang dikonsumsi lebih dari 2000mg per hari, apa yang akan terjadi pada tubuh? Mulai dari masalah pada perut, muntah-muntah, pusing, mual, kram perut, vitamin C juga dapat membentuk batu ginjal dan justru dapat mengganggu pengobatan penyakit kanker jika dikonsumsi berlebihan, seperti dirilis laman medanmagazine.com

Vitamin D idealnya bagi usia 1-70 tahun membutuhkan 600 unit IU. Kebanyakan orang mendapatkan kebutuhan sehari-hari vitamin D melalui sinar matahari, namun di Kutub Utara yang dingin, setiap orang tidak mendapatkan sinar surya, sehingga mereka harus mengkonsumsi suplemen vitamin D. Tingginya kadar vitamin D terjadi ketika orang menggunakan suplemen tersebut. Vitamin D yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan pada jantung dimana ritme jantung menjadi tidak teratur.

Vitamin E yang berlebihan, lebih dari 800 mg per hari dapat membuat kekuatan tulang menua dan rapuh sebelum waktunya, menurut jurnal Nature Medicine. Meskipun begitu, penelitian itu dilakukan pada hewan dan mungkin hasilnya akan berbeda pada manusia. Namun, ada baiknya kita waspada bukan? Menurut peneliti Amerika, Dr. Eric Klein dari Klinik Cleveland di Chicago, setelah meneliti 1000 pria yang mengkonsumsi vitamin E berlebihan, menyatakan dapat menyebabkan kanker prostat. Menurut food and Drug Administration, orang cukup mengkonsumsi vitamin E dengan dosis 30 IU per harinya.

Vitamin K yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah, sakit kuning, dan kerusakan pada otak. Idealnya, vitamin K yang dibutuhkan pria hingga 60 tahun sekitar 70-80 mkg sedangkan wanita sekitar 65 mkg.

Jadi segala sesuatu yang berlebihan tidak baik adanya, bahkan untuk sesuatu yang kita anggap baik seperti vitamin-vitamin di atas.

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :