Share this article :

Tips Jantung Sehat Ala Timur Tengah

 Thu April 19th, 2012
 2885

Bagi Anda yang mendambakan jantung sehat sampai tua, para peneliti menyarankan Anda untuk menyantap makanan yang disantap oleh para penduduk di negara Eropa Selatan, Afrika Utara dan Timur Tengah yang berbatasan langsung dengan Laut Mediterania. Para ahli percaya penduduk di wilayah tersebut berumur panjang, minim resiko gangguan jantung dan terhindar dari kadar kolesterol yang tinggi karena kebiasaan makan mereka.

Berikut adalah beberapa tips dalam menjalankan diet ala Mediterania ini:

1. Mengkonsumsi makanan kaya biji-bijian, buah-buahan, sayur mayur, kacang-kacangan dan minyak zaitun dalam jumlah sedang untuk membantu mengurangi resiko gangguan jantung.

2. Dianjurkan untuk hanya mengkonsumsi makanan segar dengan menghindari daging merah, telur dan gula.

3. Lemak bisa didapatkan dari minyak zaitun, kacang polong dan minyak ikan sementara produk dari susu seperti keju hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

4. Anggur merah termasuk jenis minuman yang disarankan karena mengandung polyphenols yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol.

5. Konsumsi sayur-sayuran yang mengandung antioksidan dan betacarotene dimana keduanya dapat menurunkan resiko serangan jantung dan memperkecil resiko kanker paru-paru.

6. Jadikan tomat sebagai salah satu makanan pokok karena mengandung lycopene yang terbukti mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker.

7. Makan secara perlahan sehingga tubuh memiliki waktu untuk memproses makanan yang masuk dengan maksimal.

8. Tidak meninggalkan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, naik sepeda, dan lain sebagainya. Dengan demikian kebugaran tubuh Anda pun terjaga.

Hidup sehat bukanlah hal yang sulit. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memiliki kebiasaan makan yang baik dan pola hidup sehat dengan tidak meninggalkan aktivitas berolahraga.

 

Baca Juga:

Sumber : conectique

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :