Sun Ho

A to Z Biography / 26 April 2010

Kalangan Sendiri

Sun Ho

Daniel Official Writer
4753

Memiliki nama Ho Yeow Sun, namun lebih dikenal dengan nama Sun Ho, adalah seorang penyanyi pop berkebangsaan Singapura. Oleh karena masa kecil yang sulit, Sun menjadi sangat termotivasi untuk menolong orang lain yang juga menderita depresi. Sun memegang gelar Master of Arts di bidang Konseling, dan bekerja sebagai konselor bagi anak-anak remaja yang bermasalah dari tahun 1996-2001. Sebelum kemudian, Sun memutuskan untuk memulai karir sebagai penyanyi lagu pop Mandarin pada tahun 2002. Sun pernah bekerja sama dengan produser dan artis seperti Wyclef Jean, Diane Warren, The Underdogs, David Foster, Carole Bayer Sager dan banyak lagi.

Dari tahun 2002 – 2007, Sun telah meluncurkan 5 album lagu pop Bahasa Mandarin. Album Sun meraih status Double Platinum maupun Triple Platinum. Albumnya yang berjudul “Lonely Travel” menjadi nomer 1 di 9 tangga lagu terpopuler. Album selanjutnya “Gain” yang diluncurkan pada tahun 2006 berhasil menduduki posisi ke-1 di 10 tangga lagu terpopuler. Pada tahun 2007, Sun meluncurkan album “Embrace” yang meraih tempat pertama di 11 tangga lagu terpopuler.

Lima album single perdana Sun dalam Inggris juga berhasil menduduki tangga lagu teratas di Billboard Magazine dan juga London-based Music Week. Ini membuat Sun menjadi penyanyi Asia pertama yang berhasil menduduki peringkat pertama di album dance hits. Tidak sampai di situ, pada tahun 2003, Sun mulai menerobos ke Hollywood dengan meluncurkan sebuah American dance single “Where Did Love Go,” yang digarap oleh David Foster dan Peter Rafelson sebagai produser. Single ini langsung meraih tempat ke-1 di tangga lagu Billboard’s Hot Dance Club Play “Breakout” pada bulan Desember 2003. bahkan 3 lagu single Sun, “One With You”, “Without Love” dan “Gone” berhasil meraih posisi ke-1 di UK MusicWeek.

Sun juga menjadi penyanyi pop Asia pertama yang diundang ke Hollywood Film Festival tahun 2003. Tahun berikutnya, Sun menjadi satu-satunya penyanyi mandarin yang diundang ke 46th Annual Grammy Awards 2004 dan menjadi presenter penghargaan dalam American Dancestar Music Awards 2004. Pada tahun 2007, Sun mengunjungi MTV Europe Awards.

Di bulan Juni 2007, Sun terpilih sebagai Duta Musik untuk Beijing Olympics Songfest 2008 oleh Beijing Organizing Committee for the Games of the XXIX Olympiad (BOCOG). Di bulan Agustus 2007, Sun diberikan gelar Charity Ambassador of Love bagi event perdana Special Olympic World Summer Games. Dalam Special Olympics Charity Gala yang diselenggarakan pada 11 Agustus, 2007, Sun melelang 2 barang milik pribadinya dan berhasil mengumpulkan RMB 600,000 (SGD120,000) bagi Special Olympic Games. Bersama dengan Penyanyi Pop dari China yaitu Sun Nan, Sun menyanyikan lagu tema resmi Special Olympic “We Are Together.”

Di bulan Februari 2008, Sun menyanyikan versi mandarin dari Hymne Olympic yang berumur 100 tahun dalam pembukaan “Olympic Philately & Cultural Tour” yang diluncurkan oleh The Beijing Olympics. Diselenggarakan oleh Royal Theatre di dalam Forbidden City, Sun diiringi oleh paduan suara yang merupakan kumpulan orang-orang keturunan cina dari 16 kebangsaan yang berbeda.

Sun juga terus terlibat untuk mengumpulkan dana bagi beberapa organisasi sosial. Tim pekerja kemanusiaan yang dibentuknya turut terlibat dalam operasi bantuan bencana Tsunami (2005), dengan membangun gedung-gedung sekolah dan pusat kesehatan di Indonesia dan RRC, Sun juga membangun sebuah Yatim Piatu di Sri Lanka. Sun menyumbangkan sebagian royalti albumnya untuk membangun gedung sekolah di Chongqing, Guizhou dan Henan (RRC). Dia juga menyumbang sebuah lab komputer untuk sebuah sekolah di Liaoning, RRC. Proyek terbarunya yakni di provinsi Henan, Sun menyumbangkan RMB 350,000 (SGD70,000) untuk membangun ulang sebuah gedung sekolah dan fasilitas belajar yang sudah rusak. Di bulan Juni 2007, Sun terpilih sebagai Duta Musik untuk Beijing Olympics Songfest 2008 oleh Beijing Organizing Committee for the Games of the XXIX Olympiad (BOCOG).

Pada Mei 2008, Sun diundang untuk tampil ‘live’ di Vienna City Hall. Acara penggalangan dana untuk AIDS terbesar di Eropa – the 16th Life Ball. Sun mengenakan pakaian yang dirancang oleh perancang busana dari NYC, The Blonds.

Discografi Sun Ho :

Embrace (2007)

Gone (2006)

Gain (2006)

End of The Earth (2005)

Without Love (2004)

Lonely Travel (2002)

Sumber : wikipedia.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami