Single

Cara Berdoa Untuk Dapat Jodoh


- Jawaban.com -
View: 18186 times
Nama : Angelina
Umur : 34
Profesi : Karyawati
Kota : Jakarta Timur 

PERTANYAAN :

Bagaimana berdoa yang baik untuk dapat pasangan hidup dari Tuhan?

JAWABAN :

Doa yang baik yang sesuai isi hati Tuhan. Mintalah yang sesuai syarat yang Tuhan tetapkan, supaya Tuhan memberikan. Minta yang SEIMAN dan yang SEPADAN, sebagai doa utama.  Jika masih kurang jelas, maka dalam doa Anda bisa memberikan SPESIFIKASI teman hidup yang Anda butuhkan dan untuk mengetahui pimpinan TUHAN, berdoalah dengan cara minta TANDA.

Minta pertolongan Tuhan.  Eliezar berdoa dan memohon pimpinan Tuhan (Kejadian 24:12). Demikianlah juga hendaknya yang kita lakukan. Dengan berdoa berarti kita mengakui keterbatasan yang ada dan sekaligus mengakui keutamaan Tuhan di dalam kehidupan kita.

Kejadian 24: 12 "Lalu berkatalah ia: "Tuhan, Allah tuanku Abraham, buatlah kiranya tercapai tujuanku pada hari ini, tunjukkanlah kasih setia-Mu kepada tuanku Abraham. (13) Di sini aku berdiri di dekat mata air, dan anak-anak perempuan penduduk kota ini datang keluar untuk menimba air. (14) Kiranya terjadilah begini: anak gadis, kepada siapa aku berkata, "Tolong miringkan buyungmu itu, supaya aku minum, dan yang menjawab, "Minumlah, dan unta-untamu juga akan kuberi minum - dialah yang Kautentukan bagi hamba-Mu, Ishak; maka dengan begitu akan kuketahui, bahwa Engkau telah menunjukkan kasih setia-Mu kepada tuanku itu."

Ada yang mengatakan bahwa jika orang sudah dewasa rohani, tidak perlu lagi minta-minta tanda, karena semua sudah jelas diajarkan oleh Firman Allah.  Hal ini ada benarnya dan berlaku untuk beberapa hal.  Namun kita perlu untuk meminta tanda bukan untuk memilih antara baik dan jahat, benar dan salah yang memang sudah jelas di dalam Firman, tetapi kita perlu minta tanda untuk memilih beberapa alternatif. Bukan  soal benar dan salah, tetapi mana yang sesuai kehendak Tuhan.

Kenyataannya di dalam Alkitab kalau kita amati doa Eliezar, juga doa Gideon, doa Musa, doa Simson dan doa lainnya, bahkan bagaimana imam mengambil keputusan (Umim dan Turim), maka pola meminta ‘tanda' adalah pola yang sangat umum kita jumpai dalam Alkitab.  Kita juga bisa meminta ‘tanda' sebagai tuntunan Tuhan, pimpinan tahap awal, dan sebagai cara untuk mengetahui kehendak Tuhan.

Perlunya minta tanda, karena jika kita sudah sangat rohani dan dewasa sekalipun, sering kita masih kurang yakin juga mana kehendak Allah yang terbaik, apakah ke kota A atau kota B atau ke Makedonia kita pergi melayani? Apakah kita jadi penginjil atau gembala atau rasul. Demikian juga untuk urusan yang sangat penting, yaitu mimilih seorang pribadi yang akan mendampingi kita selamanya, sampai maut memisahkan, maka saya justru menyarankan, mulailah dengan meminta tanda dan peneguhan dari Tuhan, sebelum melangkah lebih jauh.

Doa dan tanda yang diminta Eliezar cukup spesific (details), yaitu gadis yang memberikan minum tidak hanya untuk dirinya, tetapi juga kepada unta-untanya yang jumlahnya 10 ekor!!!  Tidak semua orang akan memberikan penawaran sejenis ini.  Simaklah seri Film Discovery bahwa seekor unta bisa minum hingga 100 liter air. Hanya orang yang suka menolonglah yang akan menawarkan pertolongan semacam itu.  Mintalah pasangan dengan ciri-ciri di bidang ‘karakter' dan bukan fisik dan harta. Doalah dengan tanda yang praktis, sederhana, mudah dipenuhi tetapi juga tidak akan ada duplikasi.

Kenalilah pribadi Anda, karakter Anda, susunlah pribadi yang Anda butuhkan dan masukkan itu sebagai tanda yang Anda minta. Terjemahkan permintaan dan spesifikasi itu dalam bentuk praktis. Saya akan berikan saja beberapa kisah nyata / kesaksian contoh kasus minta tanda supaya lebih mudah dimengerti.  Ini benar-benar terjadi dan saya jumpai dalam pelayanan saya.

Kesaksian Kacamata

Sekitar tahun 1992-3, ketika saya masih memegang jabatan sebagai ketua Departemen Anak di GBI Bethany, di Jakarta, ada anggota team guru sekolah minggu yang datang kepada saya dan menanyakan bagaimana caranya mendapat jodoh yang sesuai dengan kehendak Tuhan?  Saya menjelaskan kepadanya semua yang saya tulis dalam bab-bab di atas.

Kemudian saya bimbing untuk menyusun doa kepada Tuhan dengan menulis sederet ‘tanda' atau ‘syarat' pada dua lembar kertas, satu untuk dia dan satu lembar untuk saya, sebelum kita berdoa bersama-sama.

Ternyata tidaklah mudah baginya untuk menyusun tanda tersebut, maka saya mulai mengarahkannya.  Apakah suku baginya penting? Karena tidak semua orang bisa menikah dengan orang yang berlainan sukunya.  Syarat-syarat rohani apa yang diminta? (Dia menjawab yang sudah lahir baru, babtis selam, berbahasa roh, cinta Tuhan, komitment, sudah ikut SOM, dll yang akhirnya saya sederhanakan saja, yang sudah melayani, toh untuk menjadi pelayanan di gereja sudah banyak persyaratanya). Saya juga mengarahkan untuk beberapa hal yang bersifat  fisik, maka akhirnya tanda  yang kita susun adalah; 1. Satu suku, 2. Sudah pelayanan, 3. Kumis tipis, 4. Bisa main musik (jenis apa saja) dan 5. Pakai kacamata.

Beberapa minggu kemudian, ketika saya berjumpa dengannya, dia berkata;  "Wah Rot .... pelajaran soal jodoh yang kamu ajarkan itu sesat!". "Hei, kenapa kamu bilang begitu?" "Ya .. karena sejak saya ikuti doa seperti yang kamu ajarkan, begitu saya ikut doa pengerja, saya melihat ada cowok satu suku, kumis tipis, pakai kaca mata ... wah .... langsung deg deg deg deg.....". "Itu bukan sesat .... itu namanya ... kuasa doa mulai bekerja ....... nyanyi saja ... Tanda-tanda t'lah nyata ..... benar saya bilang ini bukan sesat, tetapi coba kamu pikirkan baik-baik, kamu khan sudah 3 kali putus cinta, kamu kepahitan dengan cowokmu yang terakhir, dan kamu menjadi dingin dan sulit jatuh cinta ....... jadi deg-degan itu tidak dosa .....  semua orang juga deg-degan!". "ooooohhh begitu ya?"

Beberapa bulan kemudian, dia ketemu saya dan mengajak sharing. "Rot, ada dua!"    "Wah, mana mungkin! Tuhan kita menghendaki monogami!". "Bukan, maksud saya ada 2 cowok, kalau salah satu di antara mereka ada yang mau dengan saya, saya juga mau. Tetapi masalahnya, dua-duanya syaratnya kurang satu point.  Ada cowok semua tanda digenapi kecuali tidak pakai kacamata, satu cowok lagi semua digenapi tetapi ndak bisa musik.  Gimana dong Rot ..... Kamu kenal khan sama dia? Kamu suruh deh dia pakai kacamata .... atau yang satunya kamu ajarin aja main gitar, kamu khan kenal dia juga!"

"Wah itu namanya merekayasa jawaban Tuhan! Itu tidak boleh!" Lalu saya ajarkan prinsip selanjutnya tentang berdiam diri. (lihat point 10. dalam bab berikutnya tentang berdiam diri seperti Eliezar)

Saya tidak berjumpa dengan dia lagi selama berbulan-bulan, sampai akhirnya saya tahu bahwa dia sudah punya pacar, yang semuanya persis dengan tanda yang dia minta.  Karuan saja ganti saya yang kejar dia supaya dia yang ‘sharing', bercerita bagaimana Tuhan jawab doanya. Inilah kesaksiannya:

"Beberapa waktu kemudian, saya melihat bahwa yang satu mulai pakai kacamata, wah hati saya bergejolak, dan muncul problem baru, gimana ya caranya memberi tahu, bahwa dia itu jawaban doa saya?  Mosok saya datang kepadanya dan bercerita tentang topik doa saya, malu dong saya khan perempuan?"  Lalu saya berdoa langkah selanjutnya, minta peneguhan.  Saya berdoa: "Tuhan kalau saya ulang tahun nanti dia datang dan pulang paling belakang, berarti memang dialah orangnya"   "Eh benar-benar Tuhan jawab, bahkan kasih kado dibungkus kain pink lagi"   "Singkat cerita, saya bertanya kepadanya kenapa sekarang kamu pakai kacamata? Kamu minus/ plus atau silindris berapa?" Dia menjawab: "Saya normal, Cuma beberapa bulan lalu saya gelisah ..... ada gelitikan di hati saya .. pakai kacamata .. .pakai kacamata .... biar keren".  "Sayapun sharing kepadanya semua tentang doa saya dan jawabannya, dan dia juga diteguhkan bahwa sayalah memang ‘jodoh dari Tuhan'. "  Itulah kalau Roh Kudus sedang bekerja! Menjawab doa anak-anak-Nya.



Apakah Anda diberkati oleh artikel di atas? Anda ingin mengalaminya? Ikuti doa di bawah ini :

Tuhan Yesus, aku menyadari bahwa aku seorang berdosa yang tidak bisa menyelamatkan diriku sendiri. Aku membutuhkan Engkau. Aku mengakui bahwa aku telah berdosa terhadap Engkau. Saat ini aku minta agar darah-Mu menghapuskan segala kesalahanku. Hari ini aku mengundang Engkau, Tuhan Yesus, mari masuk ke dalam hatiku. Aku menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juru Selamat satu-satunya dalam hidupku. Aku percaya bahwa Engkau Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit untuk menyelamatkan dan memulihkanku. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin!


Saya sudah berdoa dan mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara pribadi


Comments: 13

ika : 2014-07-31 20:32:37
ooh bgtu.. aq mau tnya skalian share aja nih.. aq uda menjalin hbungan slma 5tahun tpi ada masalah gara2 \"tanda dri TUHAN\" itu.Ada wanita teman satu pelayanan dri gereja yg sama dgn kekasih sya trsebut mengaku dan bahkan sring meneror sya, bahkan dgn blak2 kn mengatakan bahwa kekasih sya itu adalah jodoh dari TUHAN utk dia... Bahkan wanita itu sendiri sering berdoa dan melakukan berbagai macam cara agar hbungan kami berakhir. Apakah Tanda dari Tuhan itu seprti itu yaa.. Harus merebut dan mencintai milik orang lain? trims

ika : 2014-07-31 20:32:17
ooh bgtu.. aq mau tnya skalian share aja nih.. aq uda menjalin hbungan slma 5tahun tpi ada masalah gara2 \"tanda dri TUHAN\" itu.Ada wanita teman satu pelayanan dri gereja yg sama dgn kekasih sya trsebut mengaku dan bahkan sring meneror sya, bahkan dgn blak2 kn mengatakan bahwa kekasih sya itu adalah jodoh dari TUHAN utk dia... Bahkan wanita itu sendiri sering berdoa dan melakukan berbagai macam cara agar hbungan kami berakhir. Apakah Tanda dari Tuhan itu seprti itu yaa.. Harus merebut dan mencintai milik orang lain? trims

fei_fei : 2014-07-19 21:44:32
Aku sudah punya pacar,tapi dia bukan kristen,pada bulan agustus 2013 , tuhan sepertinya memberi petunjuk ke aku,kalau ada yg tidak beres dengan pacar ku...aku binggung kenapa setiap aku mau pinjam hp dia gak bole...tiba\" suatu hari,dia tunjukan ada sms nyasar,tiba\" dia geser sms ke lain.ada tulisan yayangku..setahu ku ak gak perna tulis yayangku...aku curiga,dan benar dia ada sms dan tiap malam telepon dengan mantan dia...hati ku hancur, ternyata kata\" yg dia bilang gak selingkuh.itu bohong...aku pun memaafkannya dan sekarang (juli 2014) masih pacaran dengan dia.. masih ingat apa yg dia lakukan...dan belum bisa memaafkannya...smoga aku bisa punya hati yg bisa memaafkann dia suatu hari...aku juga pinta jodoh kepada yesus,...tapi aku masih takut....apa pacar ku itu jodoh ku.ak takut dia begitu juga...smoga tuhan menjawab doa ku..dengan memberikan aku lelaki yg seiman.AMIN

fei_fei : 2014-07-19 21:44:19
Aku sudah punya pacar,tapi dia bukan kristen,pada bulan agustus 2013 , tuhan sepertinya memberi petunjuk ke aku,kalau ada yg tidak beres dengan pacar ku...aku binggung kenapa setiap aku mau pinjam hp dia gak bole...tiba\" suatu hari,dia tunjukan ada sms nyasar,tiba\" dia geser sms ke lain.ada tulisan yayangku..setahu ku ak gak perna tulis yayangku...aku curiga,dan benar dia ada sms dan tiap malam telepon dengan mantan dia...hati ku hancur, ternyata kata\" yg dia bilang gak selingkuh.itu bohong...aku pun memaafkannya dan sekarang (juli 2014) masih pacaran dengan dia.. masih ingat apa yg dia lakukan...dan belum bisa memaafkannya...smoga aku bisa punya hati yg bisa memaafkann dia suatu hari...aku juga pinta jodoh kepada yesus,...tapi aku masih takut....apa pacar ku itu jodoh ku.ak takut dia begitu juga...smoga tuhan menjawab doa ku..dengan memberikan aku lelaki yg seiman.AMIN

nana : 2014-06-16 00:53:20
Saya juga pernah minta tanda. Dan beberapa kali tanda2 itu persis di nyatakan kepada saya. Tapi kenapa setelah tanda itu nyata, orang tersebut malah hilang lagi? Padahal saya juga memberikan kode bahwa saya suka sama dia. Tapi kenapa dia malah hilang dan saya dapati sudah esoknya tunangan? Ini sering terjadi :\'(

Next >>

Teaching