Seperti yang sudah banyak kita ketahui bahwa susu mengandung banyak manfaat bagi manusia. Susu bermutu baik hampir memiliki semua zat gizi yang kita perlukan. Protein, vitamin, dan mineral dalam susu juga relatif lengkap.
Walaupun masih ada perbedaan pendapat tentang pengkonsumsian susu, ada sebagian kelompok yang menyatakan konsumsi susu setiap hari dapat menyebabkan penyakit vaskular karena susu meningkatkan kadar kolesterol darah yang menjadi faktor resiko penyakit jantung, namun sebagian kelompok lain percaya bahwa susu berperan dalam penurunan resiko berbagi penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, hipertensi, dan kanker.
Sebuah penelitian di Norwegia membuktikan hal tersebut. Hjartaker bersama rekan-rekannya dari Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia, melalui publikasinya pada International Journal of Cancer, membuktikan bahwa mengkonsumi tiga gelas atau lebih susu setiap hari dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara pada wanita pramenopause.
Mereka meneliti 48.844 wanita selama enam tahun dua bulan melalui penelitian Kohort the Norwegian Women and Cancer Study. Konsumsi susu diukur dengan mengirimkan formulir riwayat konsumsi pangan kepada responden. Selama kurun waktu tersebut, tim Hjartäker menemukan 317 kasus penderita kanker payudara.
Ternyata konsumsi susu sejak masa kanak-kanak berkaitan negatif dengan kejadian kanker payudara pada saat mereka berumur 34-39 tahun (pramenopause). Itu berarti bahwa mengkonsumsi susu sejak masa kanak-kanak dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara.
Konsumsi susu pada masa dewasa juga menurunkan resiko kanker payudara setelah dikoreksi menurut faktor hormonal, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol. Wanita yang tidak mengkonsumsi susu menghadapi resiko terkena kanker payudara 2 kali lebih besar daripada wanita yang mengkonsumsi susu 3 gelas atau lebih susu setiap hari.
View: 2096 times
Sumber: perempuan
| darwn : 2009-06-20 15:50:09 sebenarnya yang harus dikonsumsi dari susu adalah kalsium...nah, kalsium ini kan yang untuk tulang, kalo dari susu sapi mungkin gak gitu banyak kalsium.. tapi dari sumber nya yaitu susu dari tulang sapi segar.. selain aman juga gak bikin gemuk...please contact me : 0817 678 0052E-mail : Go_te1@yahoo.co.id |
| sue : 2009-06-03 12:31:42 jadi binggung. Ada info yang bilang, klo susu(sapi) bisa memicu perkembangan kanker. trus skrg, susu justru menurunkan resiko kanker. Mana yg bener? sebagai pembaca...jd binggung utk mengambil hal yang benar. |
| · | Kopi Tingkatkan Resiko Bayi Cacat |
| · | Kopi Cegah Gangguan Mata |
| · | Pornografi Dapat Rusak Jaringan Otak |
| · | Vitamin tak Selalu Bermanfaat? |
| · | Buka Kaca Mobil Anda Sebelum Berkendara |








