Tanda-Tanda Akhir Zaman

Kata Alkitab / 25 February 2014

Kalangan Sendiri

Tanda-Tanda Akhir Zaman

Budhi Marpaung Official Writer
19772

Lukas 17:28-29

Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun. Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua.

Bacaan referensi : [kitab]lukas17:26-33[/kitab]

Akhir zaman merupakan salah satu topik yang tidak banyak dan juga tidak sering diangkat oleh gereja-gereja di Indonesia. Entah apa maksud dan tujuan pemimpin-pemimpin gereja tersebut, tetapi yang pasti materi ini penting dan perlu dipahami dengan benar oleh orang-orang percaya dimanapun.

Ada banyak yang mengulas tentang tanda-tanda akhir zaman, tetapi kali ini Jawaban ingin mengangkat sudut pandang Pendeta J.E Awondatu yang didasarkannya pada Kitab Lukas 17:26-33.

Menurut J.E Awondatu ada empat tanda akhir zaman yang sama-sama kita bisa perhatikan disini :

1. Manusia senang menggembar-gemborkan soal makan dan minum

Dalam Lukas 17:26-27a dituliskan bahwa ‘Dan sama seperti terjadi pada zaman Nuh, demikian pulalah halnya kelak pada hari-hari Anak Manusia: mereka makan dan minum’. Dahulu pada tahun 1960-an, keong racun adalah hewan yang “dimusuhi” manusia, tetapi masuk era 1990-an, justru hewan yang sama tersebut menjadi komiditi ekspor ke luar negeri khususnya Perancis. Di Perancis, keong racun merupakan salah satu makanan yang digemari.  

2. Manusia Senang Kawin Mawin ([kitab]lukas17:27[/kitab])

Masih dalam ayat 27a, Yesus berkata pada zaman jelang kedatangan Kerajaan Allah, orang-orang akan mempraktikkan kehidupan kawin dan dikawinkan (atau dalam bahasa J.E Awondatu, kawin mawin). Orang tidak akan lagi menghargai perkawinan sebagai sesuatu yang sakral sehingga mereka gampang sekali bercerai dan lalu menikah kembali.

Kawin mawin bukan cuma soal kawin-cerai, tetapi juga soal pernikahan sesama jenis (homoseksual). Negara-negara tidak akan lagi melarang pria dengan pria atau perempuan dengan perempuan menikah dan membangun keluarga. Bahkan sejumlah gereja justru bakal mendukung relasi yang dikecam Tuhan.

3. Kegiatan Jual-Beli Akan Terjadi Luar Biasa ([kitab]lukas17:28[/kitab])

Pada akhir zaman, manusia tanpa kenal usia akan melakukan jual-beli. Jual-beli bukan lagi sekedar uang dengan barang, tetapi sudah sampai kepada yang berkaitan dengan saham. Orang agar bisa menjadi kaya nanti tidak harus dengan bekerja dan mendapatkan pendapatan berupa uang, tetapi bisa berupa saham. Faktanya seorang anak di dunia saat ini telah tercatat sebagai orang kaya karena ia bermain saham.

4.  Manusia akan senang menanam dan membangun ([kitab]lukas17:28[/kitab])

Maksudnya disini manusia akhir zaman akan senang menanam modal di berbagai area dan membangun gedung-gedung yang sangat tinggi bahkan kalau bisa mencapai langit.

Jika keempat tanda akhir zaman tersingkapkan, apa yang selanjutnya akan terjadi pada manusia, bumi dan alam semesta? Lukas 17:29 mencatat bahwa seperti pada hari Lot pergi keluar Sodom dan Gomora turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua. But on the day that Lot went out of Sodom it rained fire and brimstone from heaven and destroyed them all.

Brimstone itu batu-batu yang menyala. Bukan hujan api tapi batu-batu yang menyala itu menghukum, membinasakan. Saat kedatangan kerajaan-Nya, Tuhan bakal menghukum dengan api. Kita tidak bisa lari dengan kekuatan sendiri saat waktu itu tiba. Hanya Tuhan yang mampu melindungi dan menolong kita.

Lukas 17:32-33 mencatat bahwa belajarlah dari apa yang dialami istri Lot. Ia memang turut bersama dengan sang suami keluar dari Sodom Gomora, tetapi ia tidak taat karena ia menengok belakang dan ia pun akhirnya jadi tiang.

Inilah pesan akhir zaman dari Roh Kudus bagi kita semua: Jangan menengok lagi ke belakang. Keberhasilan dan kegagalan yang dulu-dulu jangan pernah diingat. Biar Sodom Gomora (dunia) tinggal di belakang, sementara mata kita biarlah tetap memandang kepada Yesus.

Mengenai kematian yang terjadi pada tubuh kita saat waktu hukuman Tuhan tiba, jangan terlalu merisaukan atau memikirkannya sebab Tuhan berkata barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyalamatkannya ([kitab]lukas17:33[/kitab]).


Baca juga :

Serangan Amerika ke Suriah Dikaitkan Dengan Nubuat Akhir Zaman di Alkitab

Harry Houdini, Pesulap Handal yang Meninggal Karena Usus Buntu

Join IMAGO Festival 2014  

Psikosomatik Dapat Picu Sakit Perut Pasca Operasi Usus Buntu

Tepatkah Jika Istri Lebih Dominan di Ranjang?

Sumber : harunministry.wordpress.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami