Memegang Kendali Kehidupan

Kata Alkitab / 8 April 2011

Kalangan Sendiri

Memegang Kendali Kehidupan

Puji Astuti Official Writer
6834

Sebagai manusia, kita ingin memegang kendali dalam hidup kita sendiri. Terlebih lagi ketika seseorang menjadi pemimpin, ia memiliki kekuasaan dan memegang kendali atas banyak hal. Kita suka memegang kendali, karena kita bisa menentukan sesuatu, kita bisa meneriakkan perintah-perintah. Kita bisa memutuskan saat diperlukan, tidak perlu menunggu. Kita ingin apa yang kita mau, tersedia atau dilakukan ketika kita menginginkannya.

Tapi sayangnya, kita tidak selalu memegang kendali dalam kehidupan ini. Ada saatnya dimana kita lelah, letih dan tidak mampu lagi memegang kendali. Kita lupa bahwa ada satu pribadi yang memegang kendali atas kehidupan ini, Tuhan. Sering kali kita lupa bahwa Tuhanlah pemegang kendali atas seluruh kehidupan kita, itu sebabnya kita sering kelelahan dan merasa tidak berdaya ketika sesuatu terjadi di luar kendali dan keinginan kita. Mari kita belajar tentang tiga hal yang akan kita alami ketika Allah yang memegang kendali dalam hidup kita.

1. Belajar rendah hati.

Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu. ~ Yesaya 55:8-9

“Jika jalan-jalan Allah lebih tinggi daripada jalan-jalan saya, maka apapun yang Dia izinkan terjadi, saya akan tunduk di hadapan-Nya di dalam ketaatan.” Jika Anda mengambil langkah ini, hasilnya adalah sikap rendah hati di hadapan Allah karena Anda mengakui dan mempercayai bahwa Dia yang mengendalikan dan berdaulat atas hidup Anda. Percayalah, ketika Anda menyerahkan kendali kehidupan Anda ketangan Tuhan, rencana-Nya atas hidup Anda adalah sebuah rencana yang indah.

2. Mengalami kelegaan

Ketika Anda tahu bahwa Tuhan yang memegang kendali, Anda pasti tahu bahwa Anda aman ditangan-Nya. Pada akhirnya Anda bisa rileks, santai dan merasakan kelegaan. Yang perlu Anda lakukan adalah taat pada tuntunan Tuhan saja.

Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh.  Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.  Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN. ~ Mazmur 139:2-4

3. Menemukan semua jawaban atas setiap pertanyaan.

Ketika Anda menyerahkan kendali kepada Tuhan, Dia akan menuntun Anda dan mengajarkan kepada Anda jalan-jalan-Nya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menjadi seorang murid yang baik, rendah hati, tunduk dan taat pada perintah-Nya. Semua itu adalah sebuah proses, karena kita adalah seorang murid, hal tersebut adalah proses pembelajaran hidup.

Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus. ~ Efesus 1:9

Sikap Anda akan menentukan kehidupan Anda, demikian juga dengan pilihan Anda dalam menentukan sikap apakah akan menyerahkan kendali hidup Anda pada Tuhan atau tetap Anda kendalikan sendiri.

Halaman :
1

Ikuti Kami