JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Special Teaching

Mengalahkan Ketakutan

SATURDAY, 06 NOVEMBER 2010

Total View : 4628 times

Ilustrasi terbesar Alkitab tentang ketakutan orang yang  tidak percaya vs orang beriman yang tidak takut dapat dilihat dalam kehidupan orang Israel selama 40 tahun perjalanan mereka di Padang Gurun. 

Selama 40 tahun tersebut orang Israel mengalami muiizat yang luar biasa: dikirim roti sorgawi, pakaian yang tidak pernah lapuk antara lainnya. Seringkali sebenarnya perjalanan mereka bahkan sudah mendekati Tanah Perjanjian. Mereka bukan hanya percaya bahwa mereka bisa masuk Tanah Perjanjian tsb. Mereka bahkan melihat bahwa Tanah Perjanjian itu adalah milik mereka. Mereka tahu bahwa Tanah Perjanjian adalah rencana Tuhan bagi mereka.

Iman mereka sejauh ini sempurna…TETAPI ada kekurangan fatal dalam iman mereka : Ada cacing-cacing ketakutan dalam hati mereka. Iman mereka jadi sia-sia karena ketakutan mereka.

Hal ini mengakibatkan sebagian besar dari mereka tidak pernah memasuki Tanah Perjanjian. Mereka panik. Mereka menggerutu tentang nasib mereka. Tetapi mereka tidak punya cukup iman untuk mengubah nasib mereka. Mereka mengeluh disaat seharusnya mereka berpesta. Dan mereka mati tanpa pernah masuk Tanah Perjanjian.

Waktu Yesus berkata Percaya saja, Jangan takut! (Mark 5:36) Maka ini adalah analisa yang mendalam dari perasaan ini. Biasanya kita berkata, "Jangan takut. Berani saja. Miliki keberanian! Yesus tidak hanya berkata, "Jangan takut!" dia tahu bahwa takut adalah sifat bawaan manusia. Yesus berkata, "Jangan takut. Percaya saja!" Pemazmur pun menasehatkan hal yang sama : 

Mazmur 56:4 Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu;

Jadi saat ketakutan melanda adalah WAKTU untuk percaya. Sedihnya, beberapa orang menghadapi ketakutan dengan gemetar, depresi dan panik.

Penulis Mazmur 42 mungkin juga mengalami tekanan yang sama. Tetapi sekali lagi imanlah yang menyelamatkannya.

Mazmur 42:6 Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku

Dia sepertinya tidak punya penjelasan rasional tentang depresi yang dia alami. Tetapi dia tahu kemana dia bisa pergi untuk mendapatkan KEKUATAN. Dia berkata kepada dirinya sendiri : Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku

Hal ini memberikan suatu pelajaran penting: iman bukanlah suatu perasaan. Kalau terjadi bahaya, rasa takut pasti akan muncul. Kalau zat-zat kimia di tubuh kita mengatakan bahwa akan ada malapetaka besar. Atau kita mengalami guncangan hebat, tekanan besar, kegelapan datang. Waktu kepedihan melanda dan  kesakitan kita alami… Ketakutan dan peringatan muncul sebagai sesuatu yang alamiah dalam kehidupan kita.

Lalu apa yang dikerjakan oleh iman? Iman akan mengangkat beban dari pergelangan kaki kita dan kita melawan cengkeraman ketakutan tsb serta maju terus apa pun yang terjadi!

Kadang-kadang ketakutan itu mencengkeram begitu rupa sehingga seolah-olah Saudara tidak bisa mendengar suara Tuhan dengan baik pada waktu Saudara melangkah. Tetapi justru di saat seperti itulah justru saat yang tepat untuk melakukan apa yang Saudara percayai….bukan bertindak berdasarkan perasaanmu.

Bersama dengan Tuhan ketakutan tidak akan menghentikan kita, kita akan mengalahkannya. Kalau kita orang percaya maka tidak akan ada yang bisa mengalahkan kita, tidak peduli betapa hal tsb melukai kita atau menghantam kita. Yesus berkata bahwa kalau kita menyerahkan kehidupan kita kepada Tuhan, tidak ada sehelai rambut pun yang jatuh tanpa seijin Tuhan! (Luk.21:18) 

Cara beroperasi iman itu seringkali tanpa tanda-tanda emosional. Iman secara tersembunyi mempengaruhi kekuatan pikiran dan damai sejahtera roh kita. Saudara bukan ditenggelamkan, tapi bisa mengatasinya. Iman melepaskan kita dari cengkeraman ketakutan.

Tuhan memberikan kita kekuatan untuk menikmati kehidupan, kalau kita percaya. "orang benar akan hidup oleh imannya" Habakuk 2:4 Iman adalah NILAI LEBIH dalam kehidupan kita.

Kalau gunung-gunung harus dipindahkan maka dibutuhkan iman untuk membuatnya terjadi. Dan mujizat tidak akan terjadi sampai ada iman tersebut. With God all things are possible to you. Just believe!

Mitra CBN
Apakah Anda diberkati oleh artikel di atas? Anda ingin mengalaminya? Ikuti doa di bawah ini :

Tuhan Yesus, aku menyadari bahwa aku seorang berdosa yang tidak bisa menyelamatkan diriku sendiri. Aku membutuhkan Engkau. Aku mengakui bahwa aku telah berdosa terhadap Engkau. Saat ini aku minta agar darah-Mu menghapuskan segala kesalahanku. Hari ini aku mengundang Engkau, Tuhan Yesus, mari masuk ke dalam hatiku. Aku menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juru Selamat satu-satunya dalam hidupku. Aku percaya bahwa Engkau Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit untuk menyelamatkan dan memulihkanku. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin!


Saya sudah berdoa dan mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara pribadi
Pertama kali mengikuti Doa PertobatanPemulihan
Nama Lengkap :
Email

COMMENTS

Konseling

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * robi

    2011-01-01 09:47:51
    @Zeron, percaya saja kepada Tuhan... DIA selalu membri yang terbaik bagi anak-anakNYA... datang saja kepadaNYA..bahkan alkitab mengatakan dengan menyebut namaNYA saja ada kuasa yang menyertai kita...
  • * Zeron

    2010-11-18 03:34:59
    Saat ini saya sedang berada dalam ketakutan, apakah saya mampu membiayai 3 anak saya yang saat sedang belajar di bangku kuliah dan 1 sedang menunggu kepastian akan di panggil kerja di salah satu perusahaan. Kepada sahabatku yang telah memasang artikel ini, saya mengucap terima kasih karena anda telah mengingatkan saya kembali untuk tetap berdiri kokoh dan tidak takut. Tuhan memberkati.
  • * 300

    2010-11-06 11:37:34
    I love my life n gw prcy Tuhan slalu bekerja dlm kemustahilan. Gw gak takut dgn sekitar gw n siapapun. Gw cma takut klo kesabaran gw abis smp lepas kontrol n trpaksa mhajar org yg sdh sgt keterlaluan n krg ajar. Emang gak gmpg praktekin hukum Tuhan soal kasih. Jd gak perlu iman smp mindahin gunung kyknya klo ngadepin yg begituan. Cma prlu wkt sjnak buat cooling down prbd.
  • * Uth3

    2010-11-06 10:13:45
    Puji Tuhan...Saya PERCAYA Bersama Yesus, saya dpt melakukan perkara yg besar...Bersama Yesus, tdk ada yg sukar...Bersama Yesus, selalu ada jalan keluar...Bersama Yesus, SEGALA SESUATU YG TDK MUNGKIN, MENJADI MUNGKIN.. Terima kasih JAWABAN.COM utk artikel ini... JESUS BLESS ALL OF YOU

Teaching

20 Nasihat yang Dituturkan Alkitab Tentang Amarah

20 Nasihat yang Dituturkan Alkitab Tentang Amarah

Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

20 nasihat Alkitab ini akan memberi kita pemahaman baru tentang cara berlaku yang tepat.

PROGRAM TV

TV Programs

.: SOLUSI :.
StasiunLokasiHariJam Tayang
SCTVJakartaSenin24.30 WIB
Life ChannelJakartaRabu03.00 & 20.00 WIB
Sabtu03.00 & 20.00 WIB
Family ChannelJakartaSabtu-Minggu09.00, 12.00, 20.00, 23.00, & 02.30 WIB
Molucca TVMalukuSenin-Jumat21.00 WIT
GO TVManadoSenin & Kamis18.30 WITA
.: SOLUSI LIFE :.
StasiunLokasiHariJam Tayang
O-ChannelJakartaRabu22.00 WIB
Kamis22.00 WIB
Jumat22.00 WIB
Life ChannelJakartaSenin03.00 & 20.00 WIB
Selasa03.00 & 22.00 WIB
Kamis03.00 & 22.00 WIB
Jumat03.00 & 22.00 WIB
Family ChannelJakartaSenin-Jumat10.30, 19.30, 02.00, 03.30, & 04.30 WIB
SBO TVSurabayaSabtu19.30 WIB
Minggu19.30 WIB
RTVNasionalSabtu04.00 WIB
Minggu04.00 WIB
U ChannelJakartaSelasa01.00, 04.30, 13.30, & 17.30 WIB
Rabu03.00, 06.30, 10.30, 14.30 & 23.30 WIB
.: OBAT MALAM :.
StasiunLokasiHariJam Tayang
MNC TVJakartaJumat24.30 WIB
U-ChannelKamis01.30 & WIB
Jumat01.00, 03.30 & 23.30 WIB
GO TVManadoRabu & Sabtu23.30 WITA
.: SOLUSI SUNDA :.
StasiunLokasiHariJam Tayang
Bandung TVBandungSenin22.00 WIB
Cahaya Banten TVTangerang, BantenKamis20.00 WIB
.: SUPERBOOK :.
StasiunLokasiHariJam Tayang
RCTINasionalSabtu07.00 WIB
Life ChannelJakartaRabu15.30 WIB
Jumat15.30 WIB
Minggu15.30 WIB