Latih Anak Berikan Penilaian Baik Dan Tidak Menghakimi

Parenting / 11 October 2012

Kalangan Sendiri

Latih Anak Berikan Penilaian Baik Dan Tidak Menghakimi

Lestari99 Official Writer
3936

Salah satu ketrampilan paling penting yang harus ditanamkan setiap orangtua kepada anak-anak adalah bagaimana menggunakan dan memberikan penilaian yang baik tanpa harus menghakimi orang lain. Anak-anak dituntut untuk memberikan penilaian setiap hari karena mereka membuat keputusan tentang apa yang akan dipakai, kata-kata apa yang hendak mereka utarakan kepada teman mereka, film apa yang akan ditonton dan bagaimana melewati waktu lowong di sore hari. Banyak anak-anak bahkan tidak menyadari bahwa pilihan yang mereka lakukan setiap hari merupakan demonstrasi dari penilaian akan sebuah pilihan sampai hal itu ditunjukkan oleh orang dewasa. Sebagai orangtua, ada banyak cara yang dapat Anda ajarkan kepada anak Anda bagaimana menggunakan penilaian yang baik saat membuat keputusan setiap hari:

1. Jadilah teladan dalam memberikan penilaian yang baik kepada anak Anda. Anak-anak belajar dengan cepat melalui teladan. Salah satu cara tercepat untuk mengajarkan anak Anda dalam melakukan penilaian yang baik terhadap orang lain adalah dengan mempraktekkannya sendiri. Ketika Anda melakukan penilaian, pertimbangkan pro dan kontra dari penilaian tersebut sebelum Anda mendiskusikannya dengan anak Anda. Jelaskan mengapa Anda membuat penilaian seperti itu dan kenapa sangatlah penting untuk membuat penilaian yang ‘benar’.

2. Diskusikan mengenai penilaian yang baik dengan anak Anda. Miliki diskusi yang jujur dan terbuka mengenai apa yang dimaksud dengan penilaian yang baik dan bagaimana membuat keputusan yang tepat bahkan ketika tampaknya sulit. Bicaralah melalui beragam situasi ketika anak Anda mungkin harus menggunakan penilaian mereka. Misalnya, jika anak Anda mendengar teman-temannya bergosip tentang teman sekelas, dia harus memutuskan apakah akan bergabung atau bicara. Anak Anda mungkin juga harus membuat keputusan apakah acara televisi yang mereka tonton tepat atau tidak. Bicaralah kepada anak Anda tentang bagaimana mengetahui apakah sesuatu itu salah dan bagaimana menggunakan penilaian yang baik untuk mengatakan “tidak”.

3. Bacalah buku maupun pamflet yang informatif dengan anak Anda tentang melakukan penilaian atau menghakimi orang lain. Bicarakan apa yang Anda baca dan diskusikan mengenai hal itu dengan anak Anda.

4. Tanyalah anak Anda jika ia pernah menghadapi situasi yang menuntut penilaian darinya dan apa yang pada akhirnya dilakukan olehnya. Bicarakan dengan anak Anda tentang apakah ia merasa keputusannya tersebut benar atau ia seharusnya memberikan penilaian yang berbeda.

5. Ingatkan anak Anda bahwa jika ia merasa tidak nyaman dalam suatu situasi, maka ia sebaiknya pergi. Jelaskan kepada anak Anda bahwa terkadang keputusan terbaik adalah menunggu sampai emosi dan perasaannya tenang dan secara rasional ia dapat menganalisa pilihan yang ada di depannya. Misalnya jika anak Anda diundang ke sebuah pesta yang sepertinya menarik namun ia tidak tahu apakah akan ada pengawasan dari orang dewasa atau tidak, maka ia mungkin perlu pulang ke rumah dan berpikir apakah menghadiri pesta tersebut adalah sebuah pilihan yang tepat. Ingatkan anak Anda bahwa jika ia dihadapkan dengan pilihan yang sulit, ia harus merasa nyaman untuk mendiskusikan hal itu dengan Anda sebelum mengambil keputusan.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : ehow.com
Halaman :
1

Ikuti Kami