11 Langkah agar Anak Fokus dengan Natal (1)

Parenting / 16 December 2011

Kalangan Sendiri

11 Langkah agar Anak Fokus dengan Natal (1)

daniel.tanamal Official Writer
3567

Agar Natal selalu mendapat tempat khusus yang mempunyai makna tersendiri bagi anak, Anda perlu melakukan beberapa langkah dibawah ini. Diharapkan anak akan mengingat Natal sebagai sebuah momen kehangatan keluarga dan saudara yang penuh kasih sayang.

Hal ini direkomendasikan untuk anda yang aktif ikut pada sekolah minggu ataupun seorang pengajar. Kiranya langkah ini dapat membantu anak untuk tetap fokus pada makna Natal yang sesungguhnya.

Pengumuman Kelahiran

Bagilah anak-anak dalam kelompok-kelompok. Mintalah mereka bekerja sama membuat suatu pengumuman kelahiran Yesus. Foto kopilah pengumuman ini rangkap dua untuk dibawa pulang oleh masing-masing anak. Satu untuk disimpan dan yang satu untuk diberikan kepada orang lain.

Drama Natal

Bagi anak dalam beberapa kelompok. Mintalah masing-masing kelompok memilih salah satu tokoh yang ada dalam cerita Natal. Kemudian, mintalah setiap kelompok menulis dan memainkan drama berdasarkan tokoh yang dipilih. Dokumentasikanlah drama tersebut dan berikan hasil dokumentasi tersebut kepada anak untuk dibawa pulang dan ditunjukkan kepada keluarga mereka.

Sinar Bintang

Mintalah tiap anak menggunting sebuah gambar bintang dan menuliskan nama mereka pada gambar bintang tersebut dengan mengunakan tinta yang dapat bersinar di dalam gelap. Tempelkan bintang-bintang tersebut di langit-langit ruang kelas. Matikan lampu dan katakan kepada anak-anak bahwa mereka juga dapat menolong orang lain menemukan Juru Selamat, sama seperti bintang yang menuntun para majus untuk datang kepada Yesus.

Cerita Natal

Mintalah anak-anak yang belum sekolah mendikte Anda tentang cerita Natal. Catatlah setiap kalimat yang mereka ucapkan di kertas yang berbeda. Usahakan tetap sesuai dengan kata-kata yang diucapkan oleh anak-anak tersebut. Kemudian, mintalah anak-anak menggambarkan setiap halaman. Kumpulkan secara urut kertas-kertas tersebut, berilah sampul, dan jilidkan. Undanglah pendeta Anda untuk menghadiri presentasi istimewa buku tersebut. Suruhlah anak-anak menyampaikan hasil karyanya.

Hadiah Natal

Ajaklah anak-anak untuk membungkus bingkisan untuk pekerja gereja Anda. Bahan-bahan yang diperlukan disediakan oleh guru SM.

Anak-anak dapat memberi hadiah kepada anak-anak yang kurang mampu di seluruh dunia pada saat Natal. Mintalah anak-anak untuk membungkus mainan-mainan kecil, baterai dan lampu senter, topi dan kaos tangan dalam kardus sepatu atau mintalah mereka membungkus permen. Kemudian, kirimkan hadiah tersebut dan sedikit uang ke panti-panti asuhan yang Anda tahu.

Sumber : Children`s Ministry, 2004
Halaman :
1

Ikuti Kami