Inilah 5 Tradisi Unik Natal di  Afrika (1)
Sumber: One.org

Internasional / 22 December 2013

Kalangan Sendiri

Inilah 5 Tradisi Unik Natal di Afrika (1)

Lori Official Writer
5411

Tradisi natal yang identik dengan kemegahan pohon natal dan tokoh Santa Claus beserta dengan kostum yang digemari oleh anak-anak tampak sudah biasa ditemui di berbagai belahan dunia. Namun berbeda dengan sejumlah kota di Afrika yang memiliki beranekaragam tradisi dalam merayakan natal.

Seperti beberapa kota di Afrika berikut dengan perayaan natalnya yang khas.

1. Malawi, negara miskin yang rayakan natal dengan bintang-bintang

Malawi adalah salah satu negara termiskin di dunia yang terletak di Afrika bagian Selatan. Negara ini memiliki tradisi natal yang jauh dari modernitas seperti di Eropa dan Amerika. Sehingga tidak akan ditemukan adanya pohon natal dengan hiasan dan lampu kelap kelipnya. Pohon natal biasanya diganti dengan daun-daun pisang atau cabang pohon yang dihiasi secara sederhana atau memasang sebuah figur ukiran kayu yang menggambarkan kelahiran Yesus. 

Malam natal dirayakan dengan liturgi tanpa hiasan-hiasan natal dan tanpa lilin. Lagu-lagu natal dapat didegar lewat ‘pita rekaman’. Biasanya selepas acara, dalam kegelapan di bawah langit yang penuh bintang, mereka akan merenungkan makna kelahiran Kristus ke dunia.

Lantaran negara ini cukup miskin, biasanya kado natal bagi anak-anak hanya berupa buku sekolah, sabun, pakaian, lilin dan hadiah-hadiah kecil lainnya. Namun, negara yang dikenal ramah ini akan menghabiskan kebersamaan dengan makan bersama dengan para kerabat dan komunitas.

2. Ethopia, natal diawali dengan puasa

Merayakan natal di Ethopia cukup unik, lantaran harus menunggu hingga tepat pada 25 Desember, seperti yang kebanyakan orang terdahulu yang terbiasa mengikuti kalender Julian. Tak hanya itu, musim liburan dirayakan setiap tanggal 7 Januari. Dalam tradisi Ethiopia, natal diawali dengan sehari penuh berpuasa yang disertai dengan mengikuti ibadah dan dipantangan makan makanan seperti rebusan, sayuran dan roti.

Serupa dengan Malawi, natal di Ethopia tanpa kado, namun biasanya digantikan dengan bermain permainan dan olahragadan menikmati sejumlah lomba sebelum memulai kembali bekerja.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Brasil Pasang Pohon Natal Terapung Terbesar di Dunia

Trafalgar Square, Jantung Kemeriahan Natal di London

Pohon Natal Terbesar Sedunia Mengapung di Brazil!

Wow,Sandal Bekas Diubah Jadi Pohon Natal

Karangan Bunga Natal Termahal Di Dunia, Harganya 58M!

Pernak-pernik Natal Diburu, Saatnya Jadi Reseller!

Sumber : One.org/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami