Populasi Umat Kristen Dunia Adalah 1:3

Internasional / 2 January 2012

Kalangan Sendiri

Populasi Umat Kristen Dunia Adalah 1:3

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
6105

Ada berapa banyak penganut agama Kristen di dunia? Menurut riset yang dilakukan di Amerika Serikat yang dirilis pada Senin (19/12), sepertiga penduduk bumi menganut agama Kristen yaitu sebesar 2,18 miliar dari 6,9 miliar total penduduk bumi.

“Orang Kristen juga tersebar secara geografis. Begitu menyebarnya, tak satupun benua atau kawasan yang bisa diklaim sebagai pusatnya orang Kristen,” demikian Pew Research Center organisasi yang melakukan riset tersebut.

Amerika Serikat, Brasil dan Meksiko memimpin daftar negara dengan jumlah terbesar penganut Kristen. Sementara Rusia, Filipina dan Nigeria, masing-masing  memiliki angka terbesar di daratan  Eropa, Asia-Pasifik dan Afrika.  Sebesar setengah dari penganut agama Kristen ini adalah penganut Katolik, sementara 36,7 persen Protestan dan 11,9 persen Ortodoks.

Banyaknya jumlah umat kristiani secara kuantitatif juga harus diimbangi secara kualitatif. Perbedaan paham teologia yang ada dalam agama Kristen seharusnya tidak membuat umat kristiani terpecah, justru harus saling melengkapi agar bisa menjadi sinergi yang memberi dampak positif di dunia. Semua umat Kristen harus mencontoh teladan hidup Kristus dan menjadi berkat bagi lingkungan sekitar mereka.

Sumber : berbagaisumber/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami