5 Tips Menghasilkan Uang Dari Melancong
Sumber: jawaban.com

Entrepreneurship / 5 June 2013

Kalangan Sendiri

5 Tips Menghasilkan Uang Dari Melancong

andreas rumata simanjuntak Official Writer
7120

Banyak orang menganggap melancong pada saat liburan merupakan kegiatan yang mahal dan membuang-buang uang. Padahal, menurut Skyscanner, kita bisa menghasilkan duit sambil menikmati perjalanan kita.

Berikut ini adalah tips-tips untuk menghasilkan uang ketika Anda berlibur :

1. Menulis cerita perjalanan

Ketika berlibur, Anda pasti menemui banyak hal menarik seperti menu makanan yang unik, indahnya lokasi wisata, atau bahkan susahnya mencari transportasi umum. Semua cerita ini dapat menjelma menjadi uang. Caranya, Anda cukup menuliskan pengalaman selama berwisata ke sebuah blog dan mengajak orang untuk mngunjungi blog Anda ini. Meski metode PPC (Pay per Click) sudah banyak ditinggalkan, tetapi, cara ini masih ampuh untuk menambah pundi-pundi uang kita.

2. Membuat ulasan (review) liburan

Di masa ini, sudah banyak situs yang memberikan laman untuk mengulas tempat wisata. Sebut saja Qype. Membuat ulasan di sana, Anda memang tidak mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang. Tapi Qype menawarkan berbagai benda menarik yang dapat Anda miliki. Caranya mudah. Untuk satu ulasan, Anda mendapatkan 20 poin. Kemudian dua poin bila ada foto serta empat angka kalau disertai dengan video. Jika Anda mengajak teman mengulas liburannya di sana, anda bisa mendapat 25 poin. "Anda bisa mendapat predikat Qype Ninja dengan sekotak hadiah menarik," tulis Skyscanner.

3. Mengajar bahasa Indonesia di luar negeri

Bila Anda berlibur ke Australia, cobalah sambangi The Australian Indonesian Association. Di situ, Anda bisa menjadi pengajar kontemporer khusus bahasa Indonesia. Ada tiga lembaga yang mengajarkan pelajaran bahasa Indonesia di Australia. Dua di antaranya: The Western Indonesian Language Teachers Association dan Asia Literacy Teacher Association of Australia. Walaupun tidak diberitahu besaran upah yang bakal diberikan, tetapi Anda pasti akan menerima uang dari apa yang anda lakukan ini.

4. Menyanyi sebagai pengamen

Di Indonesia, menjadi pengamen saat liburan bukanlah pilihan bagi banyak orang. Namun, apabila Anda sedang melancong ke luar negeri, kekurangan uang waktu bisa diatasi dengan menjadi menyanyi di tempat umum. David Juritz, pria asal London berhasil keliling dunia berbekal biola di pundak. Tiap hari, selama beberapa jam, ia memainkan biola di pinggir jalan. Hasilnya, dalam sehari, Juritz bisa mengantongi duit sekitar £ 83 atau setara Rp 1,3 juta. Hmm layak dicoba bukan?

5. Bekerja di resor pariwisata

Untuk Anda yang sedang bepergian ke luar negeri, bekerja di pengelola resor sepertinya bisa menjadi alternatif pilihan bila membawa uang dalam jumlah yang terbatas. Biasanya, pekerja paruh waktu di resor pariwisata mendapatkan diskon menginap, makanan, atau keperluan bermain salju. "Kadang kala, pengelola resor memberikan semuanya secara cuma-cuma," ungkap Skyscanner.

 

Jadi, apakah anda masih menganggap liburan merupakan hal yang memboroskan kuangan anda? Cobalah pikirkan lagi. 

 

Baca Juga :

Magang Saat Liburan Siapkan Anda Menuju Dunia Kerja

Tips Liburan ala Backpacker

Jelang Indonesia vs Belanda: Tim Oranje Bakal Kunjungi Kota Tua

Sumber : tempo.com / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami