Tingkatkan Kualitas Kerja Lewat Training
Sumber: Evolllution.com

Career / 3 June 2014

Kalangan Sendiri

Tingkatkan Kualitas Kerja Lewat Training

Lori Official Writer
4484

Di dalam dunia kerja, pelatihan kerja atau training merupakan salah satu hal yang penting bagi para pekerja. Sebab melalui training ini para pekerja akan lebih bekali dengan pengembangan keterampilan kerja bagi perusahaan tempatnya bekerja.

Training menjadi kesempatan bagi para pekerja sebagai bentuk pengenalan perusahaan terhadap karyawan. Begitu pula dengan pengetahun atau pemahaman pekerja akan tugas dan tanggung jawab yang akan dikerjakan sesuai dengan yang tujuan perusahaan.

Disamping itu, para pengusaha patut menyadari bahwa pelatihan kerja menjadi kewajiban perusahaan untuk diberikan kepada para pekerjanya, seperti yang tercantum secara resmi di Peraturan Pemerintah (PP) No 31 tahun 2006 terkait Sistem Pelatihan Kerja Nasional (SPKN). Dalam hal ini, tertulis bahwa pelatihan kerja atau training merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan guna memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi setiap individu dalam bekerja yang disesuaikan dengan jenjang juga kualifikasi jabatan atau pekerjaan yang dimiliki oleh setiap individu yang mengikuti proses training.

Lalu apa saja jenis atau program pelatihan kerja?

Skill training merupakan pelatihan keahlian yang dapat dijalani oleh karyawan guna menilai kebutuhan atau kekurangan karyawan lewat sistem penilaian.

Retraining adalah pelatihan ulang bagi karyawan guna melengkapi keahlain-keahlian yang mereka butuhkan untuk menghadapi tuntutan kerja yang berubah-ubah.

Cross functional training merupakan pelatihan kerja yang diberikan guna menambah kemampuan pekerja dalam melakukan tugas lainnya.

Team training adalah pelatihan yang diebrikan kepada satu tim kerja guna menyelesaikan satu tugas secara bersama-sama.

Creativity training adalah training yang diperuntukkan bagi karyawan secara bebas untuk menuangkan kreatifitasnya secara bebas.

Beragam jenis pelatihan kerja atau training tersebut bermanfaat bagi karyawan guna mencapai beberapa hal berikut:

-  mendidik para pekerja tentang penggunaan teknologi dengan efektif

-  memastikan keunggulan pekerja

-  meningkatkan keselamatan dan kesehatan karyawan

-  menciptakan peluang untuk mengembangkan karir dan pertumbuhan pribadi

-  membantu pengusaha mematuhi hukum dan peraturan

-  meningkatkan produktifitas dan profitabilitas pekerja

Tak hanya sekedar bekerja, namun karyawan perlu meningkatkan dan mengembangkan diri lewat berbagai training yang disediakan oleh perusahaan maupun pihak luar. Jangan batasi diri Anda untuk belajar banyak hal lain diluar dari kemampuan yang Anda miliki saat ini. Sebab potensi diri menentukan kualitas kerja Anda. Salam sukses!!


Baca Juga Artikel Lainnya:

Bekerja Sambil Kumpulkan Modal Usaha

Cara Ikuti Training Agar Benar-benar Bermanfaat

Punya Modal Kecil? Cobalah Bisnis Ini!

PGI Kecewa Pemerintah Belum Tuntaskan Kasus Intoleransi

Tujuh Gereja Disegel, Badan Kerja Sama Gereja Cianjur Bertindak

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami