Suntik Steroid Dapat Bahayakan Tulang Belakang
Sumber: Google

Serba-Serbi Sehat / 23 July 2013

Kalangan Sendiri

Suntik Steroid Dapat Bahayakan Tulang Belakang

Puji Astuti Official Writer
16875

Salah satu cara untuk mengatasi sakit pada punggung ataupun kaki bisanya dengan menyuntikkan steroid. Namun hati-hati, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap bahwa bahwa penyuntikan steroid pada pasien dewasa atau lanjut usia dapat berakibat fatal, yaitu meningkatkan resiko mengalami patah tulang belakang.

Penelitian yang dirilis dalam Juornal of Bone and Joint Surgery pada 5 Juni 2013 lalu tersebut masih belum mengungkap pasti penyebabnya, namun diperkirakan bersumber makin keroposnya tulang.

Data penelitian ini bersumber dari pasien Henry Ford Health System di Detroit. Dari 3000 pasien yang disuntik steroit karena masalah tulang belakang, yang rata-rata usianya 66 tahun, sekitar 150 orang diantaranya kemudian mengalami patah tulang belakang. Patah tulang berupa retak kecil di bagian tulang belakang bagi mereka yang sudah berusia lanjut dapat menjadi trauma besar.

Walau berdasarkan statistik hanya 5 persen dari keseluruhan pasien yang mengalami kasus ini, namun menurut Dr Andrew Schoenfeld dari William Beaumont Army Medical Center di El Paso, Texas yang memberi komentar dalam jurnal tersebut menyatakan bahwa hal ini patut didiskusikan antara dokter dan pasien sebelum si pasien mengambil keputusan untuk disuntik dengan steroid.

Beberapa jenis pengobatan beresiko memberikan efek samping tertentu, untuk itu ketika melakukan terapi ataupun pengobatan Anda perlu banyak bertanya dan berdiskusi dengan dokter yang menangani.

Baca juga artikel lainnya :

7 Makanan & Minuman Yang Efektif Atasi Nyeri Punggung

Ini Alasan Mengapa Anda Sering Sakit Punggung

Kisah Nyata Wanita yang Tulang Pinggulnya Hancur Pasca Keguguran

Email Dari Sahabat : Tulang Yang Patah Kini Telah Tersambung

Sumber : http://www.webmd.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami