Apakah Aborsi Memicu Kanker Serviks?
Sumber: bible.ca

Info Sehat / 29 August 2013

Kalangan Sendiri

Apakah Aborsi Memicu Kanker Serviks?

Yenny Kartika Official Writer
15895

Aborsi diketahui menimbulkan begitu banyak efek samping bagi tubuh. Meskipun beberapa efek hanya terasa sesaat pasca-aborsi, ada juga efek lainnya yang berdampak serius dan berkepanjangan.

Beberapa efek samping akibat aborsi adalah:

#1 Leher rahim robek karena penggunaan alat aborsi

#2 Terjadi pendarahan hebat, yang sangat membahayakan jika tidak ditangani secepatnya

#3 Menimbulkan infeksi di rahim akibat penggunaan peralatan medis yang tidak steril. Infeksi juga bisa timbul apabila ada bagian janin yang tersisa di dalam rahim

#4 Kematian pada sang ibu akibat infeksi dan kehabisan banyak darah

Apakah kanker serviks atau kanker leher rahim berkaitan dengan aborsi? Berikut ini beberapa hal yang patut diketahui tentang hubungan antara aborsi dan kanker serviks, seperti dilansir dari Yahoo! Voices.

Selama bertahun-tahun, para pakar medis mencari tahu tentang hubungan potensial antara aborsi dan kanker serviks. Beberapa statistik menunjukkan bahwa wanita yang pernah aborsi memiliki resiko 2,3 kali lebih tinggi untuk mengalami kanker serviks.

Pakar medis meyakini bahwa aborsi benar-benar berdampak pada kanker serviks karena rahim yang rusak saat proses aborsi. Kerusakan pada serviks biasanya terjadi karena prosedur pengguguran dilakukan oleh orang yang tidak ahli.

Wanita yang pernah mengaborsi janinnya umumnya pernah bergonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seks. Karena kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV), maka dia akan berisiko tinggi terkena penyakit menular seksual. Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang pernah aborsi cenderung menggunakan narkoba, merokok, dan minum alkohol. Perilaku tersebut terbukti membuat tubuh tidak mampu melawan HPV, sehingga semakin besarlah risiko kanker serviks tersebut.

 

BACA JUGA:

Parlemen Irlandia Luluskan Undang-undang Aborsi

Kisah Nyata Wanita yang Dipaksa Bunuh Janinnya Sendiri

Survei: Wanita yang Batal Aborsi, Tak Menyesal Lahirkan Anaknya

Cegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi dan Skrining

10 Cara Praktis Mencegah Kanker Serviks

Nikmatnya Teh Hijau, Beri Manfaat Hindarkan Kanker Serviks

Perjuangan Cinta dalam Pernikahan

Percaya atau Tidak, Mujizat Terjadi Setiap Hari


Sumber : Yahoo! Voices
Halaman :
1

Ikuti Kami