Sisi Positif dan Negatif Dari Selfie

Psikologi / 6 March 2014

Kalangan Sendiri

Sisi Positif dan Negatif Dari Selfie

Budhi Marpaung Official Writer
12876

Sekarang ini sebagian besar orang khususnya yang berada di perkotaan pasti pasti mengenal apa itu “selfie”. Bukan saja anak-anak, mereka yang dewasa pun mengetahui dan bahkan melakukannya.

Fenomena “selfie” yang sedang terjadi di Indonesia dan juga dunia dipandang secara psikologi ternyata memiliki sisi positif dan negatif.

Psikolog dari President University, Elizabeth T. Santoso mengatakan sisi positif dari “selfie” adalah seseorang mampu mengeksplorasi dirinya. “Eksplorasi diri artinya bahwa setiap orang ingin mengembangkan dirinya sendiri dengan cara berbagi dengan dunia. Artinya kalau dia foto hasil masakannya, ini artinya dia sedang mengekspos dirinya bahwa ‘saya punya sisi lain’,” ujar Elizabeth.  

Sementara disebut negatif, lanjut Elizabeth, kalau itu dilakukan selalu, setiap hari, dan sering kali tanpa ada tujuan. “Rasanya kayaknya gatel gitu kalau gak melakukan selfie atau tidak potret,” tutur perempuan berparas cantik ini.  

Selfie disebut ekstrim juga kalau saking terlalu seringnya, jadi orang itu kehilangan kontak dengan dunia nyata,” jelasnya.

Sisi negatif lainnya adalah "selfie" dapat meningkatkan kompetisi (dalam arti jelek, red). Maksudnya disini adalah saat seseorang memamerkan barang baru dan mempostingnya ke media sosial, orang lain yang melihat foto itu akan terdorong melakukan hal yang sama dan hal tersebut akhirnya memunculkan kompetisi.

Oleh sebab itu, Elizabeth T. Santoso mendorong bagi siapapun yang ingin melakukan "selfie", perhatikan dua hal berikut sebelum meng-upload atau melakukan “selfie”:

1. Pikirkan terlebih dahulu alasan Anda memfoto, tujuannya apa, dampaknya apa

2. Pikirkan siapa yang akan melihat hasil “selfie” Anda

 

Jadi, kesimpulannya adalah "selfie" bisa membawa hal positif dan negatif tergantung kepada diri kita sendiri. Jika kita melakukannya dengan benar maka itu pasti berdampak baik bagi kita dan orang lain, tetapi jika salah maka itu pasti berdampak buruk bagi kita dan orang lain.

 

 

Ingin lebih dalam mengetahui mengenai “selfie”? Bagaimana awal mula ini akhirnya bisa menjadi fenomena dunia? Saksikan kupas tuntas selfie di Program Solusi Life O’Channel hari ini, Kamis (6/3/2014) pukul 22.00 WIB.


Baca juga : 

Thread Forum : Fenomena Selfie

Join IMAGO Festival 2014  

Setiap Kali Tertawa, Gadis Cantik ini Alami Kelumpuhan

Manusia Batiniah

Akhir Dari Hubungan Seks Sebelum Menikah Pasti Penyesalan

Sumber : Jawaban.Com, Elizabeth T. Santoso / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami