Atasi Depresi Dan Mengubah Hidup Anda (1)

Psikologi / 10 October 2012

Kalangan Sendiri

Atasi Depresi Dan Mengubah Hidup Anda (1)

Lestari99 Official Writer
5560

Menyambut hari Kesehatan Jiwa Sedunia pada 10 Oktober 2012, Jawaban.Com berkeinginan membahas masalah depresi secara menyeluruh. Bagaimana Anda mengatasi depresi dan mengubah hidup Anda.

Depresi senantiasa membawa dampak negatif ke dalam kehidupan seseorang. Setiap orang pasti pernah mengalami depresi pada satu masa dalam kehidupan mereka. Sangat penting bagi Anda untuk mengatasi depresi dan mengubah hidup Anda dengan menyingkirkan efek-efek negatif yang muncul dari depresi.

Sedih, kuatir, frustrasi merupakan perasaan umum yang dialami banyak orang. Sangatlah wajar bagi Anda untuk merasa kecewa setelah mengalami kegagalan, kesedihan, perpisahan maupun kehilangan. Dalam beberpa peristiwa, semua perasaan tersebut bahkan dapat mendatangkan keuntungan karena membantu Anda mengenali kelemahan Anda. Pengalaman yang muncul dari kondisi negatif ini dapat memberikan keberanian dan kemauan untuk mengubah hidup Anda serta memberikan kekuatan untuk menangani depresi dan situasi negatif lainnya yang mungkin akan Anda alami di masa yang akan datang. Namun ketika perasaan negatif ini terus-menerus muncul dan mulai mengganggu kegiatan sehari-hari, Anda harus menemukan cara untuk mengatasinya. Karakteristik utama depresi adalah perasaan negatif da kesedihan yang sangat mendalam dan terjadi dalam waktu yang lama.

Gejala utama depresi yang muncul dalam kehidupan Anda dapat berupa: duka berkepanjangan, stamina rendah dan sering merasa letih, nafsu makan yang bertambah atau justru berkurang, keinginan untuk tidur yang bertambah atau mungkin berkurang, stress, cepat marah dan frustrasi, tidak memiliki hasrat seksual serta tidak memiliki harapan terhadap masa depan.

PENYEBAB UTAMA DEPRESI

Kurang Berpikir Positif

Mereka yang mengalami depresi senantiasa merasa bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, dan hal ini terjadi berulang kali. Sadar ataupun tidak, yang terlihat pada akhirnya lebih banyak hal yang buruk terhadap suatu peristiwa. Fokus mereka senantiasa pada masalah dan mengabaikan keberhasilan serta kesuksesan yang mereka raih. Perubahan dalam diri seseorang atau perubahan lingkungan yang sebenarnya merupakan suatu hal yang wajar dilihat sebagai sesuatu yang buruk dan terjadi karena mereka.

Kurangnya Rasa Percaya Diri

Mereka yang menderita depresi tidak memiliki rasa percaya diri dan selalu menganggap bahwa semua yang terjadi sebagai kegagalan mereka. Sebuah kesalahan kecil menjadi sebuah masalah yang besar dan hal tersebut menguras perhatian mereka melebihi respon orang pada umumnya.

Lebih Memperhatikan Kesalahan

Melakukan kesalahan adalah suatu hal yang wajar dalam menjalani kehidupan. Beberapa orang bisa saja membuat kesalahan yang lebih banyak. Namun bagi penderita depresi, mereka lebih memfokuskan diri pada jumlah kesalahan yang mereka buat. Akibatnya, mereka menciptakan kesan negatif mengenai kesalahan.

Merasa Tertekan Karena Berbagai Kewajiban Dalam Hidup

Dalam situasi ini, mereka selalu memikirkan apa yan harus dan tidak seharusnya mereka lakukan. Akibatnya, di penghujung hari, mereka terbebani oleh sejumlah komitmen. Mereka yang memiliki pola pikir semacam ini menkonsentrasikan pikiran mereka pada kepahitan dan frustrasi dan juga mempengaruhi perilaku orang-orang di sekitar mereka.

Merasa Lemah

Saat mengalami depresi, tidak ada satupun yang dapat memuaskan mereka. Bahkan untuk sekedar memperbaiki mood pun tidak akan dilakukan. Yang paling mereka rasakan adalah ketidakmampuan untuk berharap. Meskipun tahu apa yang harus dilakukan, namun mereka tidak mampu melakukannya. Mereka kehilangan harapan dan harapan perlahan hilang dari diri mereka. Pada titik ini, depresi tidak membiarkan mereka merasakan kebahagiaan dan optimisme. (bersambung....)

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : akuinginsukses.com
Halaman :
1

Ikuti Kami