Tips Mengasah Otak
Sumber: google.com

Fit & Charming / 16 August 2013

Kalangan Sendiri

Tips Mengasah Otak

Lois Official Writer
9201

Aku bersyukur kepada-Mu  oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib ; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.” (Mazmur 139:14)

Di antara segala ciptaan Tuhan di muka bumi ini, otak manusia adalah yang paling kompleks sekaligus mengagumkan. Bayangkan berat otak manusia pada umumnya hanya seberat 1,5 kg tapi kemampuannya sangat luar biasa. Setiap kali kita berpikir, ada jalur neuron baru yang terbentuk di otak. Otak kita terus berkembang hingga usia 18 tahun, dan terus berkembang dengan baik hingga usia 20 tahun. Dan setelah itu akan ada banyak perubahan terjadi di otak sepanjang usia kita. Tuhan telah menciptakan kita dengan kemampuan otak yang luar biasa, bagian kita adalah menjaganya untuk tetap terasah secara maksimal. Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Bermain game logika

Ada banyak permainan logika yang bisa menjadi aktivitas yang baik untuk otak. Rubik dan shodoku adalah contoh permainan yang  mengasah otak yang penasaran dan menantang.

2. Banyak Membaca

Seseorang pernah menulis bahwa akan selalu ada hal-hal yang belum kita tahu di dunia ini lebih banyak dari segala hal yang kita telah ketahui. Kesibukan mungkin mengurangi waktu baca kita, namun selalu luangkan waktu dalam sehari untuk membaca berita, buku baru, atau apapun yang menarik bagi Anda.

3. Berpura-pura Kidal

Jika Anda selalu menggunakan tangan kanan, maka otak kiri Anda yang lebih banyak bekerja. Kembangkan sisi kanan otak Anda juga. Untuk beberapa hal yang memungkinkan, gunakan tangan kiri. Ini akan membuat kedua sisi otak kita seimbang.

4. Kembali ke Cara Manual

Kadang kita harus mengakui bahwa teknologi juga punya peran dalam penurunan daya ingat maupun perkembangan otak kita. Kita lebih sering memilih GPS daripada peta, kalkulator daripada kertas dan pensil untuk menghitung. Christine Kane, seorang motivator bidang kreatif bahkan berkata bahwa salah satu cara untuk menjadi orang kreatif adalah dengan membuat jurnal harian dengan tulisan tangan, bukan mengetik di gadget kita.

5. Mencoba Aktivitas Baru

Coba membuat list aktivitas-aktivitas positif yang belum pernah Anda lakukan. Belajar bahasa asing, pergi ke tempat baru, memulai bisnis bersama teman, terlibat di event atau gerakan positif dan lain-lain.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Untuk tips terakhir, salah satu aktivitas yang patut Anda coba adalah bergabung dalam pelayanan media CBN Indonesia. Dengan menjadi mitra CBN, Anda telah terlibat dalam pengaruh positif yang Tuhan kerjakan di Indonesia melalui CBN. Info lengkap tentang bagaimana menjadi mitra CBN dan keuntungannya dapat dibaca di sini.

Sumber : jawaban.com by uthe
Halaman :
1

Ikuti Kami