Lakukan Ini Untuk Cegah dan Mengurangi Varises
Sumber: google.com

Fit & Charming / 12 July 2013

Kalangan Sendiri

Lakukan Ini Untuk Cegah dan Mengurangi Varises

Lois Official Writer
4654

Varises pada kaki merupakan pembesaran dan pelebaran pembunuh balik (vena) disertai penipisan dinding vena tersebut sehingga darah berkumpul di vena yang melebar. Hal ini bisa terjadi pada setiap vena namun yang paling sering terserang adalah vena kaki.

Kaki Belum Terkena Varises

Sebaiknya hindari varises sebelum terjadi. Apa yang harus dilakukan? Sebaiknya seseorang jangan berdiri atau duduk dalam posisi yang sama dalam jangka waktu lama. Pastikan bergerak dan angkat kaki secara teratur. “Jika diharuskan duduk lama, cobalah menarik jari-jari kaki menjauh dari lantai untuk melatih otot betis,” ujar terapis gizi dari Inggris A Vogel.

Hindari mandi dengan air panas karena dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan berpotensi menimbulkan kondisi yang semakin buruk. Lebih baik mandi dengan air dingin.

Bagi yang Terkena Varises

Pada taraf ringan, varises bisa diatasi dengan penggunaan stocking khusus varises yang membantu mendorong darah kembali ke jantung. Bisa juga memakai cara :

-         Istirahatkan kaki yang mengalami varises dengan meletakkannya lebih tinggi 20-30 cm dari jantung agar aliran darah yang kembali ke jantung lebih lancar.

-         Jangan menyilangkan kaki

-         Hindari penggunaan sepatu berhak tinggi, berpakaian ketat di daerah pinggul dan kaki.

-         Jangan berdiri atau duduk terlalu lama

-         Bila termasuk orang yang kelebihan berat badan, cobalah untuk menguranginya.

-         Berjalan kaki ½ jam sehari dengan menggunakan stocking khusus.

Bila varises sudah parah, segeralah ke dokter karena varises juga merupakan tanda-tanda ada penyakit yang bersarang bahkan bisa membahayakan jiwa.

Varises memang mengganggu penampilan kita, terutama di bagian kaki. Kaki yang terlihat jelek akibat varises terkadang juga mengganggu rasa percaya diri kita saat mengenakan bawahan yang memperlihatkan kaki. Jadi, jaga terus kaki agar selalu indah.

Sumber : tribunnews.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami