Manfaat Jus Semangka Bagi Kesehatan

Gizi & Nutrisi / 19 February 2013

Kalangan Sendiri

Manfaat Jus Semangka Bagi Kesehatan

Puji Astuti Official Writer
13403

Buah semangka, buah ini sering kita jumpai dalam berbagai acara resmi sebagai makanan penutup dan harganya cukup terjangkau oleh masyarakat karena kerap dijual potongan. Walau harganya murah, ternyata khasiat semangka tidaklah murahan, terutama jika kita mengkonsumsinya secara teratur dengan cara membuatnya menjadi jus buah.

Tapi tahukah Anda, menurut sebuah artikel yang dirilis di Juicingforhealth.com, jika ingin mendapatkan manfaat maksimal jus semangka disarankan untuk tidak membuang kulit luarnya agar menyeimbangkan rasa manisnya dan juga mendapatkan kandungan gizinya secara maksimum.

Kandungan air dalam semangka adalah sebesar 92 persen, dan memiliki vitamin B5, C, beta karoten dan asam folat yang tinggi. Sedangkan kandungan B1,2,3 dan 6 hanya dalam jumlah kecil

Karena mengandung vitamin B, C dan beta karoten, jus semangka dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Kondisi seperti nyeri sendi dapat berkurang dengan mengkonsumsi jus semangka. Namun bagi Anda yang menderita osteoarthritis, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum melakukan diet jus semangka.

Dengan kandungan air yang tinggi, semangka merupakan siuretik alami, dan dengan demikian membantu membersihkan ginjal dan kandung kemih. Semangka juga mengandung kalium yang tinggi yang dapat mengurangi asam urat dalam darah dan mengeluarkan racun dari ginjal. Karena sifat diuretiknya tadi, semangka adalah pilihan bijaksana untuk membantu menghilangkan kelebihan cairan saat menstruasi atau kehamilan. Dengan diuretic tadi, maka akan mengurangi rasa kembung dan tidak nyaman pada perut.

Segelas jus semangka mengandung 70 kalori dan hanya 4% lemak. Selain itu juga mengandung 89 % karbohidrat dan 7% protein. Semangka yang mengandung anti-oksidan yang tinggi dipercaya juga dapat membantu memerangi penyakit degenerasi seperti kanker.

Wah, ternyata segudang ya manfaat jus semangka. Kalau gitu, jangan malas minum jus yang warnanya merah menyala ini ya. Sehat di kantong dan juga sehat di tubuh loh.

Baca juga : 

Kisah Nyata Suami yang Senang Menyakiti Hati Istrinya

Forum JC : Ide Untuk Pertemuan JCers Berikutnya

Menjadi Teman yang Baik  

Mitos-Mitos Keliru Tentang Kanker  

Sumber : Berbagaisumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami