-
Hindari Stroke dengan Apel setiap hari!
Percaya atau tidak, memakan satu buah apel atau pi...more>> -
8 Langkah Merawat Anak Pengidap Flu Singapura
Flu Singapura atau HFMD (Hand, Foot, and Mouth Dis...more>> -
Awas, Minuman Energi Punya Efek Negatif Tersembunyi
Para pakar kesehatan dari University of Sydney's M...more>> -
7 Kombinasi Makanan Super
Ada begitu banyak makanan yang dapat mendatangkan ...more>>
GIZI & NUTRISI

Related Articles
Ikan, Resep Ampuh Awet Muda
TUESDAY, 31 AUGUST 2010
Total View : 2199 times
Diet yang sehat hampir selalu menyertakan ikan, makanan berprotein dengan kandungan kalori yang lebih sedikit dari sumber makanan daging lainnya. Ikan juga merupakan salah satu makanan alami yang paling serbaguna karena Anda dapat mengolahnya dengan berbagai macam cara, diuap, dipanggang, digoreng maupun direbus. Tapi paling baik jika ikan dikonsumsi dalam bentuk sashimi, teri, carpaccio dan gravlax.
Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menganjurkan untuk mengkonsumsi sampai dua porsi ikan dalam seminggu. Mengkonsumsi ikan dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung sampai 33%. Bukti dari penelitian yang berbeda bahkan menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi ikan dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung sampai 36%.
Beberapa penelitian menunjukkan minyak ikan bermanfaat mengurangi pembekuan darah. Ikan yang paling menguntungkan dalam konteks ini adalah minyak ikan seperti salmon atau mackerel. Para peneliti juga mengatakan mengkonsumsi sejumlah ikan atau minyak ikan dapat mengrangi resiko kematian sampai 17%.
Berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa ikan dapat mengurangi berbagai penyakit.
Kanker prostat: Sebuah penelitian di Swedia yang melibatkan 6.000 pria selama 30 tahun menunjukkan bahwa mereka yang tidak mengkonsumsi ikan memiliki resiko 2-3 kali lipat terjadinya pengembangan kanker prostat dibandingkan mereka yang mengkonsumsi ikan. Ikan juga mengandung selenium, yang diperkirakan memiliki sifat melawan kanker.
Depresi: Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam ikan diyakini dapat meningkatkan kadar serotonin kimia otak yang dapat membantu mengurangi depresi.
Kulit: Beberapa dermatologis mengatakan bahwa salmon yang kaya diet dapat bertindak sebagai penghalus kulit dan meratakan garis-garis kerutan di wajah.
Peradangan: Asam lemak omega-3, melalui beberapa mekanisme, mengatur siklus peradangan dalam tubuh Anda, yang mencegah dan mengurangi kondisi nyeri seperti radang sendi, prostatitis dan cystitis. Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 diantaranya adalah mackerel, trout, herring, sarden tuna dan salmon.
Sumber : saidaonline

* hany
2011-01-20 12:18:51
wah ternyata ikan banyak manffaat nya bisa buat mengurangi brbgay pnyakit>>> tpi bukanya mngkonsumsi ikan di larang pabila bwat orang yang punya asma yah.. trus gimana solusi nya?? tks minta solusi nya yah.


COMMENTS
COUNSELLING