Hindari Hal-Hal Ini Demi Ginjal yang Sehat
Sumber: thinkstock.com

Solusi Sehat / 24 March 2014

Kalangan Sendiri

Hindari Hal-Hal Ini Demi Ginjal yang Sehat

Lois Official Writer
9143

Gangguan pada ginjal ternyata disebabkan oleh hal-hal sepele yang sering kita lakukan, namun ternyata merusak ginjal. Tentu saja hal-hal ini tidak perlu dihindari sepenuhnya, namun cukup dibatasi agar tidak berlebihan. Beberapa hal yang bisa menyebabkan ginjal bermasalah seperti dikutip dari Huffington Post, yaitu :

Minum Obat Pereda Nyeri Jangka Panjang

Dalam dosis tinggi dan jangka panjang, minum obat tertentu seperti pereda nyeri dapat merusak jaringan ginjal. Baik obat resep maupun yang dijual bebas, keduanya sama-sama punya efek samping yang merusak. Diperkirakan 1-3 persen kasus gagal ginjal kronis disebabkan oleh penggunaan pereda nyeri yang berlebihan.

Merokok

Selain jantung dan paru-paru, merokok juga punya efek negatif terhadap ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa jaringan ginjal pada perokok bisa rusak. Selain itu, diabetes dan tekanan darah tinggi juga memburuk jika konsumsi rokok.

Berlebihan Mengkonsumsi Gula

Berlebihan mengkonsumsi gula menyebabkan penyakit seperti diabetes mellitus dan obesitas. Kedua penyakit ini juga berdampak memperparah fungsi ginjal.

Berlebihan Mengkonsumsi Garam

Selain gula, hindari konsumsi garam yang berlebihan. Natrium dalam garam bisa meningkatkan tekanan darah, yang berujung pada kerusakan fungsi ginjal. Batasan yang dianjurkan pemerintah yakni konsumsi garam maksimal 1.500 mg/hari.

Prosedur Radiologi yang Terlalu Banyak

CT-Scan, X-Ray, dan angiogram terkadang menggunakan pewarna khusus yang disuntikkan ke dalam tubuh untuk meningkatkan kontras warna. Sayangnya, hal tersebut memicu AKI (Acute Kidney Injury) yang diperkirakan dialami oleh 40 pasien di rumah sakit.

Tentu pola makan dan pola hidup yang sehat sangat membantu kesehatan tubuh Anda. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Hidup sehat membuat hidup Anda indah dan jiwa Anda bersukaria karenanya.

 

Baca juga :

Nak, Ibu Ingin Bicara Tentang Memilih-Milih Perempuan

Jalan Kaki Bisa Sehatkan Ibu Hamil dengan Teknik Ini

Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (1/2)

Jika Jatuh Cinta Pada Suami Orang

Sumber : detik.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami