JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Gigi Sensitif, Inilah Penyebab dan Solusinya

TUESDAY, 04 DECEMBER 2012

Total View : 1721 times


Salah satu masalah pada gigi manusia adalah gigi yang sensitif. Merasakan gigi ngilu sungguh tidak nyaman. Akibat hal tersebut, makan dan minum kita pun dipastikan menjadi tak nikmat.

Sebelum pergi ke dokter gigi atau memilih untuk menggunakan pasta gigi tertentu, sebaiknya kenali dulu apa penyebab yang membuat gigi ngilu.

Seperti dilansir everydayhealth, terdapat sepuluh penyebab masalah gigi sensitif yang umum dialami yaitu;

1. Penyakit gusi. Penyakit gusi semakin parah seiring bertambahnya usia. Masalah gusi bisa jadi penyebab gigi sensitif pada orang usia lanjut. Maka, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter tentang prosedur pengobatan terbaik.

2. Terdapat plak yang berlebihan. Tujuan dari menyikat gigi adalah menghilangkan plak yang terbentuk setelah makan. Penumpukan plak dapat menghilangkan email gigi, yang berarti gigi menjadi lebih sensitif. Solusinya, kunjungi dokter gigi untuk melakukan pembersihan plak setiap enam bulan sekali.

3. Prosedur perawatan gigi. Perawatan gigi yang Anda lakukan di dokter membuat gigi jadi sensitif. Ini hanyalah efek sementara dari perawatan gigi Anda. Namun, jika sakit atau ngilu tidak juga hilang, konsultasikan dengan dokter gigi Anda.

4. Gigi retak. Gigi patah atau retak dapat menyebabkan sensitivitas gigi. Dokter gigi bisa memberi saran terbaik untuk mengobatinya.

5. Ada pembusukan di sekitar tepi tambalan. Seiring bertambahnya usia, bakteri akan mudah menumpuk di celah-celah kecil gigi Anda. Kasus pembusukan tambalan sering terjadi pada penderita gigi sensitif.

6. Menyikat terlalu kuat. Kadang sensitivitas gigi berasal dari kebiasaan menyikat gigi terlalu kuat atau bulu sikat yang terlalu kasar.

7. Suka makanan terlalu asam. Penderita gigi sensitif tidak dianjurkan untuk mencoba makanan asam. Makanan asam membuat gigi jadi ngilu dan sakit.

8. Menggeretakkan gigi. Kebiasaan ini bisa mengekspos dentin, lapisan tengah gigi, yang berisi tabung rongga menuju saraf. Maka, sebaiknya hentikan kebiasaan menggeretakkan gigi.

9. Pasta gigi pemutih. Produsen pasta gigi biasanya menambahkan bahan kimia untuk formula pasta pemutih mereka. Jika pasta gigi ini menjadi penyebab gigi sensitif, segera beralih ke pasta gigi lainnya.

10. Pecandu obat kumur. Seperti pasta gigi pemutih, obat kumur juga mengandung alkohol dan bahan kimia lainnya. Itulah yang membuat gigi lebih sensitif, terutama jika dentin terbuka.  

Semoga apa yang disampaikan ini dapat menambah referensi Anda dalam menangani gigi sensitif.

Baca juga : 

Merencanakan Tanpa Tuhan

Chord Lagu, Pekan Ini : We Have A Savior 

Daily Devotional, Minggu (2/12) : Pengampunan yang Melimpah

Kisah Gadis yang Pernah Direkam Bugil Oleh Temannya Sendiri

Baksos dan Natal Forum JC di Panti Wredha Melania In Frame

Sumber : jaringnews.com / bm


Imago Planet

COMMENTS

KONSELING

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • No comment yet