JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Apakah Sebabnya Feses Berwarna Hitam?

MONDAY, 30 AUGUST 2010

Total View : 47633 times


Setelah Anda memasukkan makanan ke dalam tubuh, tubuh akan mengolah makanan tersebut dan kemudian membuangnya. Secara normal, feses atau kotoran manusia berwarna kuning atau kecoklat-coklatan. Tapi pada kondisi tertentu, feses bisa berwarna hitam. Apa penyebabnya?

Kotoran yang berwarna hitam berarti menandakan adanya darah dalam feses. Darah menjadi hitam akibat adanya pendarahan yang berasal dari saluran pencernaan bagian atas, yang meliputi kerongkongan, perut, dan bagian atas dari usus kecil. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya perhatikan beberapa penyebab di bawah ini agar Anda dapat menghindarinya, yaitu :

Peptic Ulcer (Bisul perut atau tukak lambung)

Tukak lambung merupakan luka yang terbuka dan terbentuk di lapisan kerongkongan, perut atau bagian atas dari usus kecil. Penyebab terjadinya tukak lambung ini adalah karena bakteri Helicobacter pylori. Penyebab lain adalah obat nyeri yang berlebihan, merokok, dan alkohol begitu juga stress dapat memperburuk tukak lambung. Jadi, hentikan kebiasaan buruk Anda agar tidak menderita tukak lambung dan berakibat pada sistem pengeluaran tubuh Anda.

Jika Anda terkena tukak lambung ini, cara pengobatannya terdiri dari kombinasi obat yang termasuk antibiotik, blocker asam, antasida, dan inhibitor pompa proton. Jika tukak lambung tidak berubah dan tidak menunjukkan tanda-tanda membaik, kemungkinan diperlukan pembedahan.

Gastritis (radang perut)

Gastritis merupakan kondisi karena adanya radang dalam selaput perut. Penyebab paling umum adalah karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, infeksi bakteri, obat tertentu, dan merokok. Selain bisa menyebabkan kotoran menjadi hitam, gejala lain penderita gastritis yaitu mengalami gangguan pencernaan, kehilangan nafsu makan, mual, dan muntah darah. Dalam beberapa kasus, obat-obatan yang bisa mengurangi produksi asam lambung atau menetralkan asam lambung mungkin dapat membantu mengurangi gejala-gejala tersebut. Namun tentu saja, Anda harus mengkonsultasikan ke dokter untuk mendapat hasil yang optimal.

Air mata Mallory-Weiss

Air mata Mallory-Weiss ini merupakan "air mata" yang keluar dari mukosa, yaitu tempat esophagus memenuhi perut. Air mata ini jarang terjadi, penyebabnya yaitu muntah atau batuk yang kuat atau terus menerus dan juga karena kejang. Selain mempunyai gejala kotoran berwarna hitam, penderita air mata Mallory-Weiss ini juga bisa muntah darah.

Air mata Mallory-Weiss biasanya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Tubuh membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk masa penyembuhannya. Jika pendarahan terlalu parah, transfusi darah mungkin diperlukan untuk mengganti kehilangan darah.

Dengan mengubah kebiasaan yang buruk, dapat menghindarkan diri Anda dari berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan Anda. Ubahlah pola hidup yang tidak sehat sekarang juga.

Sumber : detikcom/lh3


Mitra CBN

COMMENTS

KONSELING

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * fuck you kalian para domba

    2014-06-02 06:40:09
    gua gak percaya sama yesus tuh, tapi tetap sehat-sehat aja...
  • * shieny

    2012-07-12 17:07:06
    Beberapa hari belakangan ini,ketika saya ingin BAB, saya dikejutkan dengan feses yang berwarna hitam, awalnya saya merasa biasa saja, tetapi kejadian ini terulang kembali sewaktu saya ingin BAB lagi, tentu saja ini membuat saya takut. Bagaimana cara menanggulanginya padahal saya tidak merokok, minum alkohol, dan memang BAB saya tidak teratur.. Thx yaa...
  • * santi

    2012-07-12 17:06:54
    Beberapa hari belakangan ini,ketika saya ingin BAB, saya dikejutkan dengan feses yang berwarna hitam, awalnya saya merasa biasa saja, tetapi kejadian ini terulang kembali sewaktu saya ingin BAB lagi, tentu saja ini membuat saya takut. Bagaimana cara menanggulanginya padahal saya tidak merokok, minum alkohol, dan memang BAB saya tidak teratur.. Thx yaa...
  • * Aswadi

    2012-04-06 15:08:53
    sudah 2 hari ini fases saya berwarna hitam, awalnya saya bingung kenapa bisa begini,,,?? kemudian saya bertanya kepada teman saya, dan dia menjawab "itu bagus karna fases hitam berarti mengeluarkan racun" yang ada pada tubuh", saya sedikit gak percaya kemudian sya googling aja, ternyata fases hitam bsa menyebabkan kematian, ketika itu saya langsung informasikan kepada teman saya tersebut.... kira-kira cara pengobatannya seperti apa yah,,,??? saya gak pernah minum alkohol, kopi, merokok,, tapi koq bsa kena fases hitam,,,??
  • * Lili Tjhia

    2010-09-14 06:40:30
    sy feses hitam setelah minum suplemen penambah darah tuh....klo ga minum suplemen penambah darah ya engga..........