Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Asuransi Kesehatan?
Sumber: canva.com

Finance / 19 June 2024

Kalangan Sendiri

Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Asuransi Kesehatan?

Claudia Jessica Official Writer
961

Asuransi kesehatan tambahan merupakan salah satu langkah untuk melindungi diri dan keluarga dari risiko kesehatan yang tidak terduga.

Meskipun pemerintah telah memberikan fasilitas pelayanan kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan), tetapi ada keterbatasan yang tidak bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan milik pemerintah tersebut.

Jika saat ini Anda tengah mempertimbangkan untuk memiliki proteksi kesehatan selain BPJS, perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Kebutuhan Kesehatan Pribadi dan Keluarga

Sebelum memilih asuransi, identifikasi terlebih dahulu kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga. Pertimbangkan riwayat kesehatan, penyakit yang pernah atau mungkin dialami, serta jenis perawatan yang sering dibutuhkan. Jika memiliki anggota keluarga yang rentan terhadap penyakit tertentu, pastikan asuransi tersebut mencakup perawatan yang relevan.

2. Cakupan dan Manfaat Polis

Periksa dengan seksama cakupan yang ditawarkan oleh polis asuransi kesehatan tambahan. Pastikan polis tersebut mencakup rawat inap, rawat jalan, obat-obatan, dan pemeriksaan medis rutin. Beberapa asuransi juga menawarkan manfaat tambahan seperti perawatan gigi, kacamata, dan vaksinasi. Pastikan manfaat yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Jaringan Rumah Sakit dan Dokter

Pilih asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit dan dokter yang luas dan berkualitas. Pastikan rumah sakit dan dokter langganan Anda termasuk dalam jaringan tersebut. Jaringan yang luas akan memudahkan Anda mendapatkan perawatan yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan yang besar.

4. Biaya Premi dan Deductible

Bandingkan biaya premi dari beberapa perusahaan asuransi. Premi adalah biaya yang harus dibayar secara berkala, sedangkan deductible adalah jumlah yang harus dibayar sendiri sebelum asuransi mulai menanggung biaya. Pilihlah premi yang sesuai dengan anggaran Anda tanpa mengorbankan kualitas cakupan.

5. Kemudahan Klaim

Kemudahan proses klaim merupakan faktor penting dalam memilih asuransi. Pastikan perusahaan asuransi memiliki prosedur klaim yang jelas, mudah, dan cepat. Perusahaan asuransi yang baik biasanya menyediakan layanan klaim online dan pusat layanan pelanggan yang responsif.

6. Reputasi dan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Lakukan riset tentang reputasi dan kredibilitas perusahaan asuransi yang Anda pertimbangkan. Baca ulasan dan testimoni dari nasabah lain untuk mendapatkan gambaran tentang pelayanan yang diberikan. Perusahaan dengan reputasi baik cenderung memberikan layanan yang lebih memuaskan dan dapat diandalkan.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami