Cara Menghadapi Anak Picky Eater yang Suka Pilih-pilih Makanan
Sumber: canva.com

Parenting / 17 June 2024

Kalangan Sendiri

Cara Menghadapi Anak Picky Eater yang Suka Pilih-pilih Makanan

Claudia Jessica Official Writer
847

Menghadapi anak yang picky eater atau suka pilih-pilih makanan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Gak jarang orang tua merasa emosi berusaha mengajar anak yang picky eater seperti ini.

Dalam perspektif parenting Kristen, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak memahami pentingnya bersyukur dan menghargai setiap makanan yang diberikan.

Berikut adalah tiga cara yang bisa dilakukan:

1. Mengajarkan Anak bahwa Rumah Bukan Restoran

Anak-anak perlu memahami bahwa rumah adalah tempat di mana mereka belajar banyak hal, termasuk menghargai makanan yang disajikan.

Mengajarkan anak bahwa rumah bukanlah restoran yang bisa menyajikan berbagai pilihan makanan sesuai keinginan mereka adalah langkah awal untuk membuat mindset mereka untuk tidak menjadi picky eater, melainkan mensyukuri berkat yang telah tersedia.

2. Setiap Makanan adalah Hasil Kerja Keras Orang Tuanya

Anak-anak perlu diajarkan bahwa setiap makanan yang ada di meja makan adalah hasil kerja keras dan cinta kasih orang tua. Dalam Amsal 12:11 dikatakan, "Siapa mengerjakan tanahnya, akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia, tidak berakal budi."

Libatkan anak dalam proses persiapan makanan, seperti membantu mencuci sayuran atau menyiapkan meja makan. Dengan begitu, mereka akan lebih menghargai usaha yang dilakukan orang tua untuk menyediakan makanan.

Mereka akan belajar bahwa makanan bukan hanya sekedar sesuatu yang dimakan, tetapi juga hasil dari kerja keras yang patut dihargai.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami