Sudah Punya 2 Anak, Berapa Banyak Dana Darurat yang Harus Disiapkan?
Sumber: canva.com

Finance / 14 June 2024

Kalangan Sendiri

Sudah Punya 2 Anak, Berapa Banyak Dana Darurat yang Harus Disiapkan?

Claudia Jessica Official Writer
1169

Memiliki dana darurat yang memadai adalah salah satu langkah penting dalam perencanaan keuangan keluarga, terutama bagi Anda yang sudah memiliki 2 anak.

Dana darurat berfungsi sebagai jaring pengaman finansial yang dapat digunakan saat terjadi situasi mendesak seperti kehilangan pekerjaan, biaya medis tak terduga, atau perbaikan rumah yang mendesak.

Berikut adalah beberapa panduan untuk menentukan berapa banyak dana darurat yang harus disiapkan bagi keluarga dengan dua anak:

1. Menentukan Jumlah Pengeluaran Bulanan

Langkah pertama adalah mengetahui berapa banyak uang yang Anda keluarkan setiap bulan. Hitung semua pengeluaran, termasuk:

  • Biaya hidup dasar (makanan, pakaian, transportasi)
  • Tagihan bulanan (listrik, air, internet)
  • Cicilan (rumah, kendaraan)
  • Pendidikan anak
  • Biaya medis dan asuransi

2. Menentukan Jumlah Bulan untuk Dana Darurat

Umumnya, para pakar keuangan merekomendasikan untuk memiliki dana darurat yang mencakup 3 hingga 6 bulan pengeluaran bulanan. Namun, bagi keluarga dengan dua anak, mungkin lebih bijak untuk mempertimbangkan 6 hingga 12 bulan pengeluaran bulanan untuk memastikan keamanan finansial yang lebih kuat.

 

BACA JUGA: Hanya 9% Orang Indonesia Punya Dana Darurat, Apakah Anda Salah Satunya?

 

3. Menghitung Total Dana Darurat

Setelah mengetahui jumlah pengeluaran bulanan dan jumlah bulan yang dibutuhkan, kalikan keduanya untuk mendapatkan total dana darurat yang harus disiapkan. Misalnya, jika pengeluaran bulanan keluarga adalah Rp10.000.000 dan Anda ingin memiliki dana darurat untuk 6 bulan, maka dana darurat yang diperlukan adalah: Rp10.000.000×6=Rp60.000.000

4. Menyisihkan Dana Secara Bertahap

Jika Anda belum memiliki dana darurat yang cukup, mulailah dengan menyisihkan sebagian dari pendapatan bulanan Anda. Buat anggaran dan cari cara untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu untuk mempercepat proses pengumpulan dana darurat.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami