Parents, Tutup Hari dengan Kegiatan Seru Bersama Anak yang Menambah Pengetahuannya Yuk
Sumber: canva.com

Parenting / 7 June 2024

Kalangan Sendiri

Parents, Tutup Hari dengan Kegiatan Seru Bersama Anak yang Menambah Pengetahuannya Yuk

Claudia Jessica Official Writer
730

Membacakan buku untuk anak sebelum tidur adalah kegiatan yang tidak hanya menjadi kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama, tetapi juga menghasilkan banyak manfaat penting bagi perkembangan anak.

Aktivitas ini bisa menjadi rutinitas bermanfaat bagi perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak. Berikut adalah beberapa manfaat dari membacakan buku untuk anak sebelum tidur:

1. Mengembangkan Kemampuan Bahasa dan Kognitif

Membaca buku secara rutin membantu anak-anak mengembangkan kemampuan bahasa mereka. Mereka belajar kosa kata baru, struktur kalimat, dan cara menggunakan bahasa dengan benar. Selain itu, mendengarkan cerita membantu merangsang imajinasi dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak.

Anak-anak yang mendengarkan cerita cenderung memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai konsep.

2. Memperkuat Ikatan Emosional

Waktu yang dihabiskan untuk membacakan buku kepada anak menciptakan momen khusus yang memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan anak.

Anak merasa lebih dekat dan aman karena perhatian penuh yang diberikan oleh orang tua selama sesi membaca. Kebersamaan ini juga memberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang cerita dan karakter, sehingga memperdalam hubungan dan komunikasi keluarga.

3. Menanamkan Kebiasaan Membaca

Membiasakan anak dengan aktivitas membaca sejak dini dapat menanamkan kebiasaan membaca yang positif hingga dewasa. Anak-anak yang sering dibacakan buku cenderung memiliki minat baca yang lebih tinggi dan kemampuan literasi yang lebih baik. Kebiasaan ini juga dapat membantu mereka dalam prestasi akademik di masa depan.

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Disiplin

Membaca buku memerlukan perhatian dan konsentrasi. Dengan rutin mendengarkan cerita sebelum tidur, anak-anak belajar untuk duduk dengan tenang, fokus, dan mendengarkan dengan baik.

Hal ini juga membantu mereka belajar disiplin dan mengembangkan kebiasaan tidur yang baik. Konsistensi dalam rutinitas ini juga mengajarkan pentingnya mengikuti jadwal dan aturan.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami