Dari Kasus Emas Antam Palsu 109 Ton, Ini yang Harus Kita Waspadai Kalau Mau Investasi Emas
Sumber: canva.com

Finance / 3 June 2024

Kalangan Sendiri

Dari Kasus Emas Antam Palsu 109 Ton, Ini yang Harus Kita Waspadai Kalau Mau Investasi Emas

Claudia Jessica Official Writer
632

Kasus dugaan emas Antam palsu 109 ton peleburan, pemurnian, dan pencetakan logam mulia secara ilegal oleh mantan karyawan PT Aneka Tambang (Antam) menunjukkan bahwa waspada dan teliti dalam berinvestasi sangatlah penting.

Investasi emas telah lama dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang aman dan menguntungkan.

Baru-baru ini Kejaksaan Agung RI telah menetapkan 6 orang tersangka, yang sebelumnya menjabat sebagai general manager di PT Aneka Tambang, dalam kasus dugaan penyalahgunaan merek dan pembuatan emas dengan merek Antam secara ilegal.

Kasus ini berkaitan dengan aktivitas manufaktur ilegal yang mencakup peleburan, pemurnian, dan pencetakan logam mulia yang tidak sesuai dengan ketentuan dan aturan PT Antam, sejak tahun 2010 hingga 2021.

PT Aneka Tambang Tbk menegaskan bahwa seluruh produk emas logam mulia Antam yang beredar di masyarakat adalah asli dan terjamin kadar kemurniannya.

Produk-produk tersebut diolah di satu-satunya pabrik pengolahan dan pemurnian emas di Indonesia yang telah tersertifikasi oleh London Bullion Market Association (LBMA).

Munculnya kasus ini, seakan menjadi peringatan tersendiri bagi investor dan pembeli emas untuk memastikan keaslian produk yang hendak dibeli.

PT Antam sendiri telah menyediakan saluran komunikasi bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi terkait produk logam mulia, termasuk cara memverifikasi keaslian emas.

Cara Mengecek Keaslian Emas Antam:

Emas ANTAM LM Klasik:

  1. Periksa Berat Emas:
    • Bandingkan berat emas ANTAM LM dengan yang tercantum pada sertifikat.
    • Timbang emas dengan timbangan. Jika beratnya sesuai dengan yang tertulis di sertifikat, emas tersebut asli.
  2. Uji dengan Magnet:
    • Letakkan emas di permukaan datar dan dekatkan magnet. Emas asli tidak akan menempel pada magnet, sedangkan emas palsu akan menempel. ANTAM menegaskan bahwa logam mulia tidak dapat menempel dengan magnet.
  3. Uji dengan Sinar UV:
    • Pancarkan sinar UV ke arah sertifikat emas ANTAM LM Klasik. Sertifikat asli akan menunjukkan hologram saat disorot sinar UV.

Emas ANTAM LM Certicard:

> Unduh aplikasi CertiEye dari Play Store atau App Store di ponsel.

> Buka aplikasi CertiEye.

> Pindai kode QR pada CertiCard emas ANTAM LM.

> Jika emas asli, logo ANTAM LM dengan tulisan "Authenticated" akan muncul di aplikasi.

Emas Gift Series LM

Pancarkan sinar UV ke emas Gift Series LM. Jika asli, hologram akan muncul.

Kasus 109 ton emas Antam mengajarkan pentingnya kehati-hatian dan kecermatan dalam berinvestasi, terutama dalam hal memilih dan memverifikasi produk emas.

Pastikan selalu membeli produk emas dari sumber yang terpercaya dan resmi, serta jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas verifikasi keaslian yang disediakan oleh produsen.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami