Tak Mau Berjerawat, Tapi Masih Konsumsi Makanan Jahat? Jauhi 5 Makanan Ini
Sumber: Canva.com

Health / 24 May 2024

Kalangan Sendiri

Tak Mau Berjerawat, Tapi Masih Konsumsi Makanan Jahat? Jauhi 5 Makanan Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
382

Saat kita berusaha untuk memiliki kulit yang bersih dan bebas jerawat, seringkali kita fokus pada perawatan luar, namun kita sering lupa bahwa apa yang kita konsumsi juga berdampak besar pada kondisi kulit kita. Meskipun terkadang sulit untuk menghindari makanan tidak sehat sepenuhnya, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari agar jerawat tidak muncul meskipun kita tetap mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

Mengapa Makanan Berperan dalam Munculnya Jerawat?

Kulit merupakan cermin kesehatan tubuh, dan apa yang kita konsumsi dapat memengaruhi kondisi kulit kita. Beberapa makanan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan memicu produksi minyak berlebih dalam kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

Jauhi 5 Jenis Makanan Ini untuk Mencegah Jerawat:

1. Ultra processed diary

Jika Anda belum familiar dengan istilah ini, mungkin Anda lebih sering melihat keju cheddar olahan, susu UHT coklat, atau cream cheese spread di swalayan atau marketplace kesayangan Anda

Secara ringkas, produk dairy olahan ultra mengalami pengolahan ekstensif, mengandung banyak bahan tambahan dan gula rafinasi, dengan manfaat nutrisi terbatas. Produk ini meningkatkan kadar IGF-1, hormon yang meningkatkan produksi sebum dan perkembangan komedo, pemicu jerawat. Bagi Anda yang memiliki gangguan hormon seperti insulin dan estrogen, produk dairy olahan ultra ini dapat berdampak negatif pada kulit dan kesehatan hormon Anda.

2. Croissant

Pernah terpikir croffle, croissant coklat, atau apple pie favorit Anda bisa jadi pemicu breakout parah? Lemak trans dalam pastry ini tak hanya menyerang wajah, tapi juga kulit Anda secara keseluruhan. Ditambah tepung, gula, dan topping, insulin melonjak drastis, dan kulit Anda makin miris.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Dr Hans Kristian Pranoto, CSN, PN1 | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami