Temukan Kekuatan Saat Sedang Terpuruk Dengan 5 Hal Ini
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 22 May 2024

Kalangan Sendiri

Temukan Kekuatan Saat Sedang Terpuruk Dengan 5 Hal Ini

Puji Astuti Official Writer
844

Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa sulit yang membuatnya merasa down atau terpuruk. Ketika menghadapi tekanan hidup, kehilangan, atau perubahan besar, wajar jika Anda perasaan sedih dan putus asa muncul. Namun, sadarkah Anda bahwa masa-masa sulit seperti ini merupakan cara Tuhan untuk menarik perhatian kita kembali kepada-Nya? 

Dalam titik terendah kehidupan, kita justru mendapatkan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan menemukan kasih-Nya yang tak terbatas. Ingatlah bahwa Tuhan selalu hadir, siap untuk memeluk dan menuntun kita keluar dari lembah kelam menuju padang rumput yang hijau dan air yang tenang. Jadi, ketika kehidupan Anda tiba-tiba digoncang, jangan panik.  

5 Langkah Untuk Bangkit dari Keterpurukan 

1. Berdoa, Mencurahkan Isi Hati Pada Tuhan 

Berdoa bagi kita orang percaya adalah sambungan langsung untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Ketika kita berbicara kepada Tuhan, kita akan menemukan penghiburan dari-Nya. Dalam doa, kita dapat mencurahkan segala kekhawatiran, kesedihan, dan kebingungan kepada Tuhan.  

Ingatlah janji Tuhan dalam Filipi 4:6-7, “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” 

2. Membaca dan Merenungkan Firman Tuhan 

Firman Tuhan adalah surat cinta Tuhan pada kita, di dalamnya kita akan menemukan  kekuatan dan penghiburan yang tak ternilai. Membaca Alkitab dapat memberikan perspektif baru dan mengingatkan kita tentang janji-janji Tuhan. Mazmur 119:105 berkata, “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Firman Tuhan dapat memberi kita arahan dan pengharapan di saat kita merasa down atau terpuruk. 

3. Berkumpul dengan Sesama Orang Percaya 

Tidak ada yang lebih menguatkan daripada dukungan dari komunitas orang percaya. Bersekutu dengan sesama orang percaya, berbagi beban, dan berdoa bersama dapat memberikan  kita kekuatan baru. Ibrani 10:24-25 mengingatkan kita untuk saling menguatkan, “Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti yang dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” 

4. Belajar Mengucap Syukur dalam Segala Hal 

Meskipun sulit, mengucap syukur dalam segala situasi, hal ini dapat mengubah perspektif kita. 1 Tesalonika 5:18 berkata, “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”  

Ketika kita mengucap syukur, kita sedang fokus pada kebaikan-kebaikan Tuhan, bukan pada masalah. Rasa syukur akan membangkitkan semangat dan pengharapan kita, karena kita akan diingatkan akan kebaikan dan kuasa Tuhan yang tak terbatas. 

5. Mengambil Waktu untuk Beristirahat  

Terkadang, rasa down atau terpuruk bisa juga disebabkan oleh kelelahan fisik dan emosional. Mengambil waktu untuk beristirahat dan merawat diri adalah penting. Tuhan sendiri mengundang kita untuk menemukan kelegaan dalam Dia. Matius 11:28-30 mengingatkan kita, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.” 

Di dalam Tuhan Anda dapat menemukan kesegaran dan sukacita yang baru. Jadi, jangan pernah putus asa seperti apapun kondisi hidup Anda, karena di dalam Tuhan selalu ada jawaban atas permasalah Anda.  

Anda tak pernah sendiri menghadapi masalah kehidupan, jika Anda membutuhkan dukungan doa dan seseorang untuk bicara, jangan ragu untuk menghubungi Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami dengan senang hati mendukung dan mendoakan Anda. Terus semangat sahabat, Tuhan mengasihi Anda.  Tuhan memberkati! 

BACA JUGA: 

Sedang Depresi? Ini 4 Bukti Tuhan Peduli dengan Kesehatan Mental Anda

Saat Anda Merasa Lemah, Ingatlah 10 Firman Tuhan Ini

10 Lagu Rohani sebagai Penyemangat Hidup

Sumber : Berbagai Sumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami