Dompet Meradang? Ini Tanda-tanda Keuangan Tidak Sehat! Temukan Solusinya di Sini!
Sumber: canva.com

Finance / 22 May 2024

Kalangan Sendiri

Dompet Meradang? Ini Tanda-tanda Keuangan Tidak Sehat! Temukan Solusinya di Sini!

Claudia Jessica Official Writer
648

Gajian masih lama tapi dompet sudah meradang alias gak ada isinya. Pernah mengalami ini? Artinya keuangan Anda sedang tidak sehat. Mari kenali tanda-tanda keuangan yang tidak sehat.

Ketika keuangan tidak sehat, tentunya dapat mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Bahkan terkadang bisa menyulitkan. Untuk menyelesaikan masalah ini, mari kita perbaiki dengan mengenali tanda-tanda keuangan yang tidak sehat:

Ciri-ciri Keuangan yang Tidak Sehat

1. Pengeluaran Melebihi Pendapatan

Salah satu tanda utama keuangan yang tidak sehat adalah ketika pengeluaran rutin selalu lebih besar daripada pendapatan. Hal ini dapat menyebabkan Anda terus-menerus berhutang untuk menutupi kekurangan tersebut.

2. Utang yang Tidak Terkontrol

Memiliki utang adalah hal yang umum. Namun, jika utang Anda sulit dilunasi atau semakin bertambah tanpa adanya rencana pembayaran yang jelas, ini menunjukkan masalah serius dalam keuangan Anda.

3. Tidak Ada Tabungan atau Dana Darurat

Keuangan yang sehat memerlukan adanya tabungan atau dana darurat untuk situasi mendesak. Jika Anda tidak memiliki dana darurat atau tabungan, ini menandakan ketidakstabilan keuangan.

4. Tidak Ada Anggaran yang Jelas

Tidak memiliki anggaran atau perencanaan keuangan yang jelas dapat menyebabkan pengeluaran yang tidak terkendali, sehingga sulit mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

5. Pembayaran Minimum Kartu Kredit

Jika Anda hanya mampu membayar jumlah minimum pada tagihan kartu kredit setiap bulan, ini menunjukkan bahwa Anda tidak mampu melunasi seluruh hutang dan biaya bunga akan terus bertambah.

6. Menunda Pembayaran Tagihan

Sering menunda pembayaran tagihan karena kekurangan dana adalah tanda lain bahwa keuangan Anda tidak sehat.

7. Ketergantungan pada Pinjaman Cepat

Menggunakan pinjaman cepat atau payday loan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari menunjukkan ketidakmampuan mengelola keuangan secara efektif.

8. Tidak Memiliki Investasi atau Rencana Masa Depan

Keuangan yang sehat memerlukan adanya investasi atau rencana keuangan jangka panjang. Jika Anda tidak memiliki investasi atau rencana masa depan, ini bisa menandakan ketidakstabilan keuangan.

Jika Anda mengalami semua atau beberapa dari delapan tanda di atas, artinya keuangan Anda tidak sehat dan butuh diperbaiki segera! Mari kita bahas solusinya di artikel berikutnya.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami