Singapura Mengalami Peningkatan Kasus Covid-19, Ancaman Bagi Indonesia?
Sumber: www.straitstimes.com

News / 22 May 2024

Kalangan Sendiri

Singapura Mengalami Peningkatan Kasus Covid-19, Ancaman Bagi Indonesia?

Aprita L Ekanaru Official Writer
668

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan keprihatinannya atas peningkatan drastis kasus Covid-19 di Singapura yang berpotensi masuk ke Indonesia. Dengan tingginya mobilitas antara kedua negara tetangga ini, Budi menyatakan kemungkinan masuknya varian virus yang sama ke Indonesia.

Tinjauan Singkat atas Varian Covid-19 di Singapura

Menurut Budi, meskipun varian Covid-19 yang berasal dari Singapura memiliki tingkat penularan dan kematian yang rendah, ia tetap memerintahkan pihak terkait untuk melakukan surveillance terhadap kasus-kasus baru. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan masyarakat Indonesia.

Langkah-Langkah Preventif

Meskipun demikian, Budi mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap tenang dan waspada. Ia menekankan pentingnya segera melakukan tes Covid-19 apabila mengalami gejala seperti demam atau batuk. Dengan adanya berbagai fasilitas tes yang tersedia, Budi menegaskan bahwa masyarakat dapat segera melakukan tes menggunakan metode rapid test atau PCR. Selain itu, Budi juga mengingatkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia sudah divaksinasi Covid-19, yang diharapkan dapat memberikan perlindungan tambahan.

Ancaman Gelombang Penularan di Singapura

Sebelumnya, Singapura melaporkan peningkatan kasus Covid-19 pada pertengahan Mei 2024. Menteri Kesehatan Singapura, Ong Ye Kung, memperkirakan bahwa jumlah kasus penularan Covid-19 akan meningkat signifikan pada akhir Juni 2024. Dengan jumlah kasus yang melonjak hingga 90 persen dibandingkan pekan sebelumnya, Singapura memperkirakan gelombang ini akan mencapai puncaknya dalam dua hingga empat minggu ke depan.

"Gelombang ini akan mencapai puncaknya dalam dua hingga empat minggu ke depan, yang berarti antara pertengahan sampai akhir Juni 2024," ujar Budi, dilansir dari The Straits Times, Sabtu (18/5).

Dalam menghadapi situasi ini, kolaborasi antara Indonesia dan Singapura dalam memantau dan menangani penyebaran Covid-19 menjadi krusial untuk menjaga keselamatan masyarakat kedua negara.

Dengan demikian, langkah-langkah pencegahan dan kewaspadaan yang diambil oleh pemerintah Indonesia diharapkan dapat meminimalisir dampak masuknya varian Covid-19 dari Singapura serta menjaga keselamatan masyarakat secara keseluruhan.

 

BACAAN TERKAIT:

Sebaran Covid Melonjak Lagi, Pasien Isoman Direkomendasikan Konsumsi Vitamin Ini 

6 Lagu yang Menenangkan Hatimu di Tengah Pandemik COVID-19
 

Sumber : The Straits Times
Halaman :
1

Ikuti Kami