Hari 21: Tanggung Jawab Saya Untuk Melindungi Kesatuan Gereja
Kalangan Sendiri

Hari 21: Tanggung Jawab Saya Untuk Melindungi Kesatuan Gereja

Lori Official Writer
      1161

Selamat pagi, saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus. Di hari kedua puluh satu dari renungan kita, kita dipanggil untuk mengingat pentingnya kesatuan dalam tubuh Kristus: Tanggung jawab saya untuk melindungi kesatuan gerejaku.

 

Ayat Renungan: Roma 14:19 - "Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun."

Ayat ini mengajak kita untuk aktif menciptakan dan memelihara damai serta membangun satu sama lain dalam iman, yang merupakan fondasi utama dari kesatuan gereja.

 

Pertanyaan Renungan: Apa yang secara personal saya akan lakukan untuk melindungi kesatuan di dalam gereja saya?

Melindungi kesatuan gereja membutuhkan komitmen pribadi untuk mengambil tindakan yang konkret dan berorientasi pada kasih serta pengertian bersama.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

Fokus pada Persamaan: Usahakan untuk selalu mengingat dan menekankan apa yang kita miliki bersama sebagai pengikut Kristus, daripada perbedaan yang mungkin memecah belah kita. Ini meliputi bersatu dalam doktrin inti dan tujuan bersama untuk melayani Tuhan dan komunitas.

Realistis dengan Harapan: Terimalah bahwa tidak ada gereja yang sempurna. Dengan mengatur harapan Anda dengan realistis, Anda bisa lebih mudah untuk mengasihi dan menerima gereja Anda sebagaimana adanya, yang membantu mengurangi potensi kekecewaan.

Memilih untuk Menyemangati: Daripada mengkritik, carilah cara untuk mendukung dan menyemangati anggota gereja Anda. Pujian yang tulus dan dukungan dapat melakukan lebih banyak untuk memperkuat komunitas daripada kritik.

Menolak Gosip: Gosip bisa sangat merusak dalam komunitas manapun. Berkomitmen untuk tidak menyebarkan atau mendengarkan gosip di gereja adalah cara penting untuk melindungi kesatuan.

Menggunakan Metode Tuhan dalam Menyelesaikan Konflik: Jika ada perselisihan atau konflik, usahakan untuk menyelesaikannya secara langsung dengan orang yang terlibat, sesuai dengan ajaran Matius 18:15-17. Jika itu tidak berhasil, bawalah masalah tersebut ke pemimpin gereja sebagai langkah berikutnya.

Beraksi dengan Kasih: Setiap orang perlu merasa dicintai dan dihargai. Jadilah proaktif dalam menunjukkan kasih dan perhatian Anda kepada anggota gereja lain, yang akan membantu memperkuat ikatan persaudaraan.

Saudara-saudari yang terkasih, dengan mengambil langkah-langkah ini, kita dapat bekerja bersama untuk melindungi dan memperkuat kesatuan dalam tubuh Kristus. Semoga renungan hari ini menginspirasi Anda untuk menjadi pembawa damai dan pembangun komunitas di gereja Anda.

Mari kita berkomitmen untuk tumbuh bersama dalam kasih dan kesatuan, sebagaimana Kristus telah mengajarkan dan menginginkan kita untuk melakukan. Tuhan memberkati upaya Anda dalam menjaga kesatuan dan perdamaian di tengah-tengah komunitas iman kita.

 

© Nely Hergendi, diinspirasi dari buku The Purpose of Driven Life

Ikuti Kami