Perhatikan, Ini 6 Ciri-Ciri Uang Palsu! Jangan Sampai Tertipu
Sumber: canva.com

Finance / 17 May 2024

Kalangan Sendiri

Perhatikan, Ini 6 Ciri-Ciri Uang Palsu! Jangan Sampai Tertipu

Claudia Jessica Official Writer
1450

Keberadaan uang palsu dapat merugikan ekonomi dan menyebabkan kerugian finansial bagi individu yang menerimanya tanpa sadar.

Uang palsu menjadi masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mengetahui ciri-ciri uang palsu agar dapat mengidentifikasinya dengan mudah.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri uang palsu yang perlu Anda ketahui:

1. Kualitas Kertas

Kertas uang asli biasanya memiliki tekstur yang khas dan berbeda dengan kertas biasa. Uang asli terbuat dari bahan serat kapas yang memberikan kekuatan dan daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kertas biasa.

Saat diraba, uang asli akan terasa lebih kasar dan kuat, sementara uang palsu sering kali terasa lebih licin dan tipis.

 

BACA JUGA: 

 

2. Warna dan Cetakan

Warna pada uang asli lebih tajam dan jelas. Cetakan uang asli dibuat dengan teknologi tinggi yang menghasilkan warna yang konsisten dan tahan lama.

Pada uang palsu, warna sering kali terlihat pudar atau tidak merata, dan cetakan mungkin tampak buram atau tidak presisi.

3. Tanda Air (Watermark)

Salah satu ciri khas uang asli adalah adanya tanda air yang dapat dilihat dengan menerawang uang tersebut ke arah cahaya. Tanda air ini biasanya berupa gambar atau simbol yang terkait dengan nominal uang.

Pada uang palsu, tanda air ini sering kali tidak ada, atau jika ada, tampak buram dan tidak jelas.

4. Benang Pengaman

Uang asli memiliki benang pengaman yang terintegrasi dalam kertas uang. Benang pengaman ini biasanya terlihat sebagai garis tipis yang melintang di sepanjang uang.

Pada uang asli, benang pengaman ini dapat dilihat dengan jelas dan sering kali memiliki teks atau gambar yang dapat dilihat dengan cara tertentu, seperti di bawah sinar UV. Uang palsu sering kali tidak memiliki benang pengaman, atau jika ada, tampak tidak sempurna.

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami